Aceh Barat – Pujatvaceh.com –  Berbagai upaya dilakukan oleh TNI guna mengatasi krisis pangan, salah satunya memanfaatkan lahar tidur untuk dijadikan lahan produktif seperti membudidaya tambak Udang Vaname.

Motivasi masyarakat terkait budidaya Udang Vaname kini mulai tinggi, bahkan banyak warga yang mau belajar tentang budidaya di tambak binaan Kodim 0105 Aceh Barat yang berada di Desa Suak Keumude, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten setempat.

Melalui Program Mitra Rakyat, Kodim 0105, Aceh Barat saat ini sudah memiliki 10 kolam yang terdiri dari 8 kolam produksi dan 2 kolam tandon diatas lahan seluas 2 hektare.

Selain untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini, tambak tersebut juga dijadikan tempat pembinaan kepada masyarakat, mulai dari bagaimana memanfaatkan lahan kosong bekas tsunami untuk dijadikan tambak hingga proses pengembangan budidaya Udang Vaname.

Pada panen parsial cukup memuaskan, yakni menghasilkan sebanyak 10 ton sedangkan pada panen raya kali ini diperkirakan dapat menghasilkan sekitar 15 ton.

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohammad Hasan mengatakan, pihaknya telah membangun 1 pilot project budidaya Udang Vaname di Kabupaten Aceh Barat, di tambak tersebut masyarakat bisa belajar cara berbudidaya dan mengetahui keuntungan yang diperoleh dari hasil budidaya tersebut.

“Kami mempelopori dan memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana beternak udang yang baik dan benar, serta menghasilkan hasil yang maksimal sekaligus kita melakukan panen raya dengan hasil yang memuaskan. Harapan kami agar tumbuh tambak lainnya yang menjadi sumber pendapatan masyarakat agar lebih baik” tutur Mayjen TNI Mohammad Hasan, Pangdam Iskandar Muda

Diharapakan warga yang memiliki lahan di pesisir pantai dapat memanfaatkan lokasinya untuk dijadikan tambak, sehingga akan menambah nilai ekonomi.

Hal ini bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah agar perekonomian warga tetap bangkit ditengah pandemi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments