ACEH JAYA – PUJATVACEH.COM – Sebanyak 87 ekor tukik dilepas oleh insan pers Aceh Jaya. Tukik yang dilepaskan merupakan hasil dari penangkaran yang dilakukan oleh pihak Lembaga Konservasi Aron Meubanja Panga.

Sebelum dilakukan pelepasan, petugas Konservasi Aron Meubanja memberi pencerahan kepada peserta agar tukik yang akan dilepas ke laut tidak mati.

Hewan tersebut merupakan jenis penyu lekang, salah satu penyu yang mulai langka akibat terus diburu warga setempat.

Bahkan saat pelepasan tukik, anak-anak juga ikut serta melepaskan hewan ini berbarengan dengan para undangan lainnya di lokasi yang telah disiapkan oleh panitia.

Sa’dul Bahri Ketua Pwi Aceh Jaya menuturkan, kegiatan pelepasan anak penyu yang dilaksanakan oleh insan pers Aceh Jaya ini merupakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2021 esok.

“Hari ini kita lakukan pelepasan tukik dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional, dan ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian acara yang sudah kita rencanakan” Tutur Sa’dul Ketua PWI Aceh Jaya.

Lebih lanjut Sa’dul menyampaikan, dalam HPN kali ini pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan lainnya seperti doa bersama, santunan anak yatim dan mengunjungi keluarga wartawan yang telah meninggal.

“Rangkaian lainnya kita akan lakukan doa bersama dan santunan kepada keluarga wartawan yang sudah meninggal, ini merupakan puncak utama kegiatan kita setiap tahunnya” Ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S mengungkapkan, pihaknya atas nama pemerintah sangat menyambut baik atas kegiatan pelepasan anak penyu (tukik) yang diselenggarakan oleh awak media di Aceh Jaya. Sehingga dengan adanya pelepasan tukik tersebut diharapkan bisa mengerakkan ekonomi warga dan bisa menjadi pusat wisata bagi warga yang akan mengunjungi Aceh Jaya.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini, apalagi ini bisa menaikkan wisatawan ke Aceh Jaya,” Ungkap Tgk Yusri Wabup Aceh Jaya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Aceh Jaya juga menambahkan, dengan adanya kegiatan pelepasan tukik yang dilakukan oleh awak media, hal ini sangat membantu kegiatan Pemerintah Aceh Jaya. Apalagi selama ini awak media sudah banyak membantu mempublikasi tentang Aceh Jaya baik tentang perekonomian maupun bidang pembangunan.

“Dengan adanya insan pers, dapat membantu Pemerintahan Aceh Jaya dalam mengembangkan segala sektor seperti ekonomi dan infrastruktur,” Pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini