Nagan Raya – Pujatvaceh.com – Sebanyak 200  personel gabungan dan delapan unit mesin pompa air dikerahkan ke lokasi untuk melakukan proses pemadaman lahan dan hutan di kabupaten Nagan Raya, agar kebakaran tidak meluas ke area lahan lainnya.

Puluhan personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Polhut serta masyarakat sekitar, hingga senin siang terus melakukan upaya pemadaman di lokasi lahan dan hutan yang terbakar, di Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, mengandalkan delapan unit mesin pompa air, lantaran mobil pemadam tak bisa menjangkau area lahan yang terbakar.

Selain itu, minimnya sumber air di lokasi membuat petugas gabungan kewalahan memadamkan api, sehingga petugas hanya mengandalkan air di parit untuk melakukan proses pemadaman. Banyaknya ranting kayu dan daun-daunan kering di area lahan yang terbakar membuat api dengan cepat membakar area lahan gambut.

Kapolsek Darul Makmur, Ipda Syahrul Akhyar mengatakan jumlah total lahan yang terbakar hingga senin siang tadi terus meluas hingga mencapai 23 hektare. Dua puluh hektare diantaranya telah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dan masyarakat sekitar. Hingga kini petugas masih terus melakukan pendinginan di area lahan agar titik api tidak muncul kembali.

“Upaya hari ini yang sudah kita lakukan, sudah hari keenam dan Alhamdulillah untuk hari ketiga secara umum sudah berhasil kita padamkan namun berhubung lahannya berjenis gambut dan juga sampai saat ini hanya kepulan asap saja. Diprediksi untuk personil keseluruhan mencapai sekitar 200 orang. Himbauan kepada masyarakat kita sudah mensosialisasikan dampak dari kebakaran lahan sangat menyusahkan masyarakat juga” Ujar Ipda Syahrul Akhyar, Kapolsek Darul Makmur

Sementara itu pihak kepolisian mengimbau pada masyarakat, pada kondisi seperti ini penting untuk bersama-sama mengingatkan agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran.

Jika sudah terjadi kebakaran, tidak hanya merusak ekosistem hewan dan tumbuh-tumbuhan, namun juga akan berdampak buruk pada masyarakat sekitar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments