Aceh Utara, Aceh TimurPujatvaceh.com – Hujan deras yang mengguyur kawasan Aceh Utara dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir menyebabkan tiga sungai kembali meluap dan merendam permukiman warga di Aceh Utara.

Debit air yang terus bertambah, hingga melewati badan jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh, di pusat Ibukota kabupaten Aceh Utara menyebabkan aktifitas pengguna jalan terganggu dan membahayakan bagi pengendara yang menerobos arus banjir yang deras.

Sejumlah pengendara memilih menunggu banjir surut, namun sebagian pengendara juga terlihat nekat menerobos arus banjir untuk melanjutkan perjalanan.

Sejumlah anggota kepolisian Polres Aceh Utara pun bersiaga mengatur lalu lintas agar memudahkan pengendara mengikuti badan garis jalan, dan mencegah tidak terjadi kemacetan panjang.

Kasat lantas Polres Aceh Utara, Adek Taufik menyatakan, sebanyak 15 personel dari satuan lantas Polres Aceh Utara dikerahkan ke lokasi untuk mengatur lalu lintas di tengah derasnya arus banjir.

“Untuk sementara kendaraan yang mungkin sifatnya kecil kita tempatkan personil untuk bisa memberitahu agar putar balik, namun untuk kendaraan yang sedang  atau besar kita izinkan untuk melewati, dan malam ini pun kami siapkan 15 personil untuk berada di titik yang rawan terjadi kemacetan dan kendaraan mogok” Ujar AKP Adek Taufik, Kasat Lantas Polres Aceh Utara.

Sementara itu dilokasi berbeda, masih dalam kondisi banjir di Aceh Timur puluhan warga di kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur bertahan di pengungsian menasah, Desa Alue Ie Mirah pada 04 Januari 2022. Mayoritas pengungsi terdiri dari kaum ibu-ibu, lansia, anak-anak hingga balita.

“Kami disini dari hari jumat tapi kami tidak tahu itu tanggal berapa karena kami dalam keadaan kebanjiran dan sampai hari ini kami belum pulang, untuk kondisi rumah saya roboh, orang tua pun kondisinya lumpuh, untuk bantuan seperti selimut dan kalau bisa bantuannya untuk anak-anak balita, lansia karena musim seperti ini perlu obat obatan”. Ungkap Yuyun, Pengungsi.

Menurut informasi terbaru yang dihimpun Puja TV, setelah banjir surut pada selasa sore, warga pun kembali pulang ke rumah masing-masing.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments