Aceh Utara – Pujatvaceh.com – 119 imigran etnis rohingya kembali ditemukan di pesisir Pantai Desa Bluka Teubai, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu pagi, padahal sehari sebelumnya sebanyak 111 imigran rohingya tersebut juga telah mendarat di Pesisir Pantai Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, daerah setempat.

Danramil Dewantara, Kapten CZI Hermansyah mengatakan, dari 119 imigran yang ditemukan terdampar, 61 diantaranya laki-laki dewasa, 36 perempuan dewasa, 12 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.

Mereka ditemukan telah berkumpul di pesisir pantai setempat sekira pulul 05:30 WIB, setelah mengetahui keberadaan mereka, warga bersama petugas TNI-Polri dan relawan langsung mengevakuasi manusia perahu tersebut ke tempat lebih aman yang tak jauh dari pesisir pantai.

Menurut Danramil, karena keterbatasan logistk imigran rohingya ini akan ditampung hingga pukul 16:00 WIB besok, sembari menunggu keputusan dari pemerintah kabupaten Aceh Utara.

“Sekitar pukul 06.00 WIB saya mendapat informasi dari Panglima Laot bahwa menyatakan ada pengungsi rohingya yang sudah turun dari kapal dibibir pantai, begitu saya mengecek ke lapangan ternyata mereka ini sudah berkumpul di pesisir pantai. Setelah itu tindakan yang kami lakukan yang pertama kali laksanakan pemisahan antara laki-laki dan perempuan, kami cek dan kami hitung jumlah keseluruhan, ternyata antara laki-laki, perempuan dan anak-anak sekitar 119 orang, setelah kami data kami laporkan kepada pimpinan” ujar Kapten CZI Hermansyah, Danramil Dewantara.

119 imigran yang ditemukan terdampar pada Rabu pagi ini langsung mendapatkan penanganan dengan baik oleh warga, TNI-Polri maupun relawan, mereka diberikan makanan, pakaian hingga fasilitas MCK, karena diperkirakan mereka telah lama terombang ambil di laut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments