28.7 C
Banda Aceh
Selasa, 23 April, 2024

Mahasiswa IAIN Malikussaleh Lhokseumawe ikut Festival Seni Islami Nusantara di Jakarta 

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme
Newspaper Theme

 

Mahasiswa IAIN Malikussaleh Lhokseumawe ikut Festival Seni Islami Nusantara di Jakarta 

Jakarta- Pujatvaceh.com: Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa (HIQMA) menyelenggarakan  Festival Seni Islami Nusantara (FSIN)  di kampus UIN Syarif Hidayatullah .

Festival kali ini  berisi mata lomba seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ) Bintang Vokalis Religi (BVR) Festival Mawaris (Fesma) Festival Qasidah (FSQ) dan Festival Banjari (Fesban) yang  dilaksanakan di aula Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dari tgl 4-14 Oktober 2023.

 

Festival yang diikuti 16 perguruan tinggi seluruh Indonesia ini dihadiri oleh lebih 600  peserta  atau perwakilan mahasiswa dari masing-masing cabang lomba yang diperlombakan.

 

Pada hari pertama  festival diisi dengan Seminar nasional sebagai acara pembuka, dalam seminar ini  HIQMA menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari kalangan intelektual seperti Syeikh Ahmad Al-Misry (Imam muda Mesir), ada juga Dr. Yuli. LC,. M.A.  pada seminar kali ini  narasumber mengangkat materi tentang kaitan seni islami dengan Al-Qur’an dan dikaitkan dengan Seni yang ada di Indonesia .

 

Festival Seni Islami Nasional (FSIN)  dihadiri oleh  Rektor UIN Syarif Hidayatullah  Prof. Asep Saifuddin jahar, M.A. Ph.D.  yang membuka secara resmi kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional ini.  Prof. Dr. H. Ahmad Tholabi Kharlie, S.Ag., S.H., M.H., M.A. sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik  dari UIN Jakarta  juga pembina HIQMA   UIN Jakarta Dr. Hasani Ahmad Said, S.Th.I., M.A. turut hadir juga didampingi oleh Ketua HIQMA  Nailul Izzata Gufron.

 

Ketua panitia berharap setelah sebelum nya  5 tahun acara ini tidak diselenggarakan , semoga dengan dilaksanakan pada tahun ini dapat menjadi ajang untuk mengindahkan seni budaya Islam.

 

“Semoga dengan terlaksana nya Festival Seni Islami Nasional” ini kembali dapat menjadi wadah kita untuk mensyiarkan seni islami yang ada dari berbagai penjuru daerah yang ada di Nusantara ini” kata Chaidir selaku ketua panitia pelaksana Festival Seni Islami Nasional, Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa (HIQMA).

 

Kemudian ketua umum Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa (HIQMA)  berharap dengan acara ini dapat menjadi wadah silaturahmi mahasiswa Islam dan menjadi wadah syiar juga, dirinya  juga berterimakasih  kepada setiap kontingen terlebih kepada kontingen yang berasal dari IAIN Lhokseumawe, Aceh. Suatu kebanggaan karena kontingen dari IAIN Lhokseumawe sering disebut oleh ketua umum dan ketua panitia dikarenakan kontingen yang paling jauh berasal dari kontingen IAIN Lhokseumawe Aceh.

IAIN Lhokseumawe  mengirimkan 2 mahasiswa sebagai delegasi yaitu Elvina Irma Yanti salah satu peserta cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Mhd Rudi Syahputra sebagai peserta kongres mahasiswa UKM se Indonesia dan sebagai official dari cabang lomba MTQ

“Semoga dengan diadakannya event besar ini bisa menjadi wadah untuk seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia sebagai wadah syi’ar bagi mahasiswa, dan Alhamdulillah pada tahun ini dilaksanakan nya event ini bertepatan dengan hari ulang tahun HIQMA yang ke 35 tahun kata Nailul Izzata Gufron Ketua HIQMA masa bakti 2023 s/d sekarang,”

Rektor UIN Syarif Hidayatullah dalam sambutannya berharap  semoga dengan festival ini bisa menjadi khazanah seni islami yang ada di Indonesia dan kita dapat mengenalkan seni tersebut kepada masyarakat luas . (*)

Via*

Fachrul Razi Sering Pimpin delegasi DPD RI Ke Negara di Eropa dan Amerika, Aceh Butuh Tokoh Punya Keahlian Seperti Hasan Tiro

Fachrul Razi Sering Pimpin delegasi DPD RI Ke Negara di Eropa dan Amerika, Aceh Butuh Tokoh Punya Keahlian Seperti Hasan Tiro.     Jakarta: Pujatv.com: Ditengah persaingan...

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Minta MenPAN RB Prioritaskan Rekrutan CPNS 2024 di daerah

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Minta MenPAN RB Prioritaskan Rekrutan CPNS 2024 di daerah Jakarta -  pujatv.com: Ketua Komite I DPD RI, Fachrul...

KIP Kota Langsa Temukan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak

Langsa – Pujatvaceh.com - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menemukan sedikitnya 611 lembar surat suara pemilu 2024 rusak, kerusakan surat suara diantaranya, hasil...

MUNA Rekomendasikan Fachrul Razi untuk DPR RI dan Azhari Cage Untuk DPD RI Pada Musyawarah Besar Ke – III

MUNA Rekomendasikan Fachrul Razi untuk DPR RI dan Azhari Cage Untuk DPD RI Pada Musyawarah Besar Ke - III Aceh Timur - pujatv.com: Pengurus Besar...

POPULERnew
Berita terpopuler