Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Tepat pukul 00.00 dini hari, Selasa (1/2/22) gong di Vihara Dharma Bakti Di kawasan Peunayong, Banda Aceh ditabuh, tahun baru Imlek 2573 Kongzili berlangsung dengan sederhana dan khidmat di Kota Banda Aceh, meski pandemi masih belum mereda.

Jemaat pun mulai berdatangan untuk melakukan peribadatan di Vihara tersebut, namun tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Ketua Yayasan Vihara Dharma Bakti, Yuswar mengatakan, perayaan tahun ini masih sama seperti tahun lalu, karena masih dalam suasana pandemi. Kegiatan peribadatan pun berjalan secara sederhana, namun jemaat tetap khidmat.

“Tahun ini Shio Macan Air, unsurnya-unsur air. Kita kalo dikatakan membatasi secara jumlah pengunjung itu tidak demikian, akan tetapi kita menghimbau agar tidak terlalu ramai agar juga bisa untuk yang besok pagi lainnya, jadi tidak fokus untuk malam ini kita tidak membatasi itu tapi kita tidak melarang siapa saja yang ingin pergi sembahyang itu tidak ada batasan” Ujar Yuswar selaku Ketua Yayasan Vihara Dharma Bakti

Tidak ada batasan bagi warga Tionghoa yang akan melakukan sembahyang di vihara, namun diimbau bagi para jemaat ketika selesai melakukan sembahyang, segera meninggalkan vihara agar tidak terjadi kerumunan.

Imlek tahun 2022 ini disebut juga sebagai Imlek tahun macan dengan unsur air, yang melambangkan kekuatan. Salah seorang jemaat mengatakan, banyak harapan di tahun ini yang ingin dicapai, termasuk harapan agar pandemi cepat berlalu, dan toleransi beragama bisa terus terjalin antar umat beragama.

“Harapannya agar Covid-19 cepat berlalu dan relasi dengan pertemanan lebih baik lagi” Kata Yuslina seorang  jamaat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments