Lhokseumawe-Pujatvaceh.com-Para Nelayan di Pesisir Pantai Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, memberikan pertolongan kepada sejumlah korban tenggelam di pesisir pantai setempat, Senin (23/05) sore.

Hal Ini merupakan latihan atau simulasi water rescue  yang dilakukan oleh gabungan relawan  Yayasan Geutanyoe  , Basarnas , Palang Merah Indonesia, dan Petugas Polairud Polda Aceh, guna melatih para nelayan dalam menghadapi kecelakaan di laut.

Nasruddin, Koordinator Yayasan Geutanyoe , menyampaikan, selain sosialisasi tentang water rescue, sebelumnya para nelayan juga diberikan edukasi hukum tentang penyelamatan imigran asing yang terdampar di laut.

Hal itu dilakukan untuk menghindari para nelayan agar tidak  berurusan dengan hukum, akibat menyelamatkan para imigran asing yang rerdampar dilaut.

“Selama ini kita melihat bahwa mereka telah melakukan proses pertolongan secara tradisional dari turun temurun dan hari ini kita memberikan sosialisasi kepada mereka kapasitas nelayan kita meninggkat baik terkait penyelamatan di laut maupun terkait hukum penyelamatan imigran asing yang terdampar agar nelayan kita tidak lagi berurusan dengan hukum akibat menyelamatkan para imigran asing,” jelas Nasruddin, Koordinator Yayasan Geutanyoe.

Sebelumnya, 3 orang nelayan di Aceh terpaksa berurusan dengan hukum akibat dugaan penyeludupan manusia saat menyelamatkan imigran asing yang terdampar dilaut.  Sehingga membuat Yayasan Geutanyoe yang fokus terhadap isu kemanusian memberikan edukasi hukum kepada para nelayan untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments