ACEH UTARA – PUJATVACEH.COMAngka kasus terjangkit virus Covid-19 Aceh Utara mencapai 191 orang, namun hingga kini Dinas Kesehatan Aceh Utara belum mendata jumlah orang tanpa gejala di kabupaten tersebut. Minggu (23/11/2020)

Kondisi ini membuat ruang isolasi RS Pratama Lhoksukon yang diperuntukan bagi orang tanpa gejala (OTG) di kabupaten tersebut belum difungsikan sama sekali, padahal Pemkab Aceh Utara telah meresmikan Rumah Sakit Pratama dengan kapasitas 70 bed tersebut.

Rumah Sakit yang terletak di desa Alue Mudem kecamatan Lhoksukon Aceh Utara hanya digunakan sebagai lokasi isolasi bagi OTG, kondisi ini disebabkan belum adanya tenaga medis ahli dalam penanganan pasien Covid-19 dan belum memenuhi standar pelayanan pasien Covid-19.

Namun jika diperlukan untuk alih fungsi ke ruang pinere atau RICU maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Cut Meutia untuk penempatan tenaga medis yang membantu pelayanan di RS Pratama.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin mengatakan, Rumah Sakit tersebut hanya difungsikan untuk Orang Tanpa Gejala sehingga jika di Rumah Sakit Umum Cut Meutia pasien Covid-19 membludak  RS tersebut tidak dapat dialih fungsikan.

Untuk penanganan Orang Tanpa Gejala di Rumah Sakit tersebut telah dilengkapi oleh petugas medis petugas pelayanan dan petugas jaga lainnya setelah diresmikan oleh Bupati Aceh Utara pada Agustus lalu.

Saat ini Aceh Utara mempunyai 3 lokasi karantina dan perawatan pasien Covid-19, yakni ruang pinere dan ICU di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, shelter Blang Adoe sebagai tempat karantina ODP bagi warga yang pulang dari zona merah dan RS Pratama yang difungsikan sebagai lokasi perawatan dan karantina pasien OTG.

“Alhamdulillah setelah diresmikan oleh Bupati, semua kebutuhan Rumah Sakit sudah ready semua dan pelayanan RS untuk pasien OTG sudah jalan, namun permasalahan hari ini pasien OTGnya yang tidak ada,” ujar Amir Syarifuddin, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara.

Meski angka Covid-19 saat ini mulai menurun, pemerintah terus mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun  dan menjaga jarak.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments