Lhokseumawe – Pujatvaceh.com – Panwaslih Kota Lhokseumawe melakukan sosialisasi mengenai publikasi dan dokumentasi pemutakhiran data pemilih bersama sejumlah wartawan dan panwascam di Lhokseumawe, Selasa kemarin (19/9).

Dalam pertemuan di kantor Panwaslih Kota Lhokseumawe tersebut dijelaskan juga tentang bagaimana mekanisme pemilih dari luar daerah yang akan menggunakan hak pilih di kota lain.

Hal ini dijelaskan langsung oleh ketua divisi hukum, pencegahan, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat Panwaslih Kota Lhokseumawe, Ayi Jufridar.

Bahkan sebelumnya Panwaslih Kota Lhokseumawe sudah menggelar pertemuan dengan empat panitia pengawas kecamatan untuk mendeteksi secara dini beberapa lokasi yang berpotensi menimbulkan masalah karena jumlah pemilih dari luar daerah yang bertambah.

Selain itu Ayi Jufridar mengharapkan para jurnalis ikut mendukung pengawasan partisipatif melalui pemberitaan yang mencerdaskan sesuai dengan tahapan yang sedang berlangsung agar publik lebih paham tentang pemilu tahun 2024 mendatang.

“Kita melakukan sosialisasi tentang pengawasan pemutakhiran data pemilih saat ini, dimana KPU atau KIP sudah mengumumkan daftar pemilih sementara dan hasil pemutakhiran dan juga kita harapkan kawan-kawan wartawan dan paswascam tadi ini melakukan pengawasan dan ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar permasalahan yang pernah terjadi dalam pemilu sebelumnya itu bisa terhindarkan“ kata Ayi Jufridar, Ketua Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh juga menjadi salah seorang narasumber, Masriadi Sambo, Dosen Ilmu Komunikasi di Unimal Lhokseumawe ini juga meminta para wartawan agar berhati-hati dalam memberitakan isu pemilu dan politik serta harus paham memilih narasumber yang layak dan relevan serta mempunyai kompetensi yang sesuai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini