Bireuen – Pujatvaceh.com – Pemkab Bireuen resmi menghentikan sementara pembangunan Masjid Taqwa di Desa Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen. penghentian pembangunan itu ditandai dengan pemasangan spanduk hasil keputusan rapat bersama forkopimda di lokasi tersebut pada Rabu, 21 September 2022.

Pemasangan papan pengumuman 3×4 meter itu sekaligus mengakhiri konflik akibat penolakan dari warga yang tidak menyetujui pembangunan Masjid Taqwa Muhammaddiyah di Desa Sangso.

Hasil kesepakatan Forkopimda Bireuen tentang penyelesaian permasalahan pembangunan Masjid Taqwa, ditantang keras oleh warga di kawasan itu, sehingga telah terbengkalai selama tujuh tahun, serta menjadi polemik berkepanjangan yang tak kunjung selesai.

Beberapa kali pihak pengurus masjid ini beraktifitas melaksanakan pembangunan, warga sekitar langsung protes dan berkerumun, bahkan hampir terjadi bentrok fisik antara warga dengan buruh bangunan.

Perwakilan Kesbangpol Bireuen, mukhtaruddin mengatakan, Forkopimda mengeluarkan maklumat untuk menghentikan sementara pembangunan Masjid Taqwa di kawasan itu. Berdasarkan hasil keputusan yang ditangani bersama dan dipajang spanduk di lokasi yang berbunyi, agar tidak ada pembangunan apapun di lokasi pembangunan Masjid Taqwa, Desa Sangso, Kecamatan Samalanga, serta izin membangun Masjid Taqwa akan dikaji kembali.

“Hasil putusan mediasi yang dilaksanakan oleh mantan Bupati Bireuen, Pada 8 September jadi putusan rapat tersebut adalah memasang balihonya untuk sosialisasi ke berbagai pihak. Jadi bukan berarti nanti setelah mediasi bisa dikatakan langsung selesai”  Kata Mukhtaruddin, Kepala Bagian Kesbangpol Bireuen.

Sementara itu,  Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samalanga, M. Yahya mengatakan, penghentian pembangunan Masjid Taqwa di Desa Sangso merupakan hasil keputusan bersama antara Pemkab Bireuen, dan pihaknya akan menerima keputusan itu serta akan menunggu keputusan selanjunya demi kebaikan bersama.

 “Kami harapkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan apapun sepanjang tidak melanggar kesepakatan, pihak kami akan menerima keputusan itu serta akan menunggu keputusan selanjunya demi kebaikan bersama. Kata M. Yahya Arsyad, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samalanga.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments