Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com – Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Anti Korupsi Aceh Tenggara (AKAT) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPRK dan Mapolres Aceh Tenggara. Mereka mendesak aparat penegak hukum dan menuntut dilakukannya penyelidikan proyek pembukaan lahan pertanian tahun anggaran 2021 yang dialokasikan dari pokok pikiran anggota DPRK Aceh Tenggara senilai 3,4 miliar rupiah.

Mereka yang hadir dengan mobil pick up yang dipasangi pengeras suara meneriakkan anti korupsi dan mendukung pengusutan tuntas terhadap proyek yang diduga telah merugikan masyarakat dan negara.

Mereka juga meminta jaksa dan polisi menindaklanjuti apa yang ditemukan di lapangan, bahwa proyek senilai 3,4 miliar rupiah itu tidak sesuai dengan juknis dan spesifikasi pekerjaan.

Mereka juga mendesak pihak dewan untuk turun langsung ke lokasi agar bisa menyaksikan kualitas proyek yang dari alokasi pokok pikiran atau pokir dewan.

Diketahui ada 4 lokasi pengerjaan proyek pembukaan lahan pertanian di Kabupaten Aceh Tenggara yakni di Kecamatan Lawe Bulan, Kecamatan Deleng Pokhkison, Kecamatan Bambel, dan Kecamatan Lawe Sumur yang dikerjakan oleh rekanan CV. Almaira.

Koordinator aksi, Darmawan mengatakan apabila pihak Dinas Pertanian Aceh Tenggara melakukan proses Provisional Hand Over atau PHO dan final terhadap proyek pembukaan lahan pertanian tahun anggaran 2021 yang berpotensi merugikan keuangan negara sejumlah miliaran rupiah itu, maka ia meminta kepada aparat penegak hukum untuk melakukan penyelidikan.

“Kepada aparat penegak hukum agar turut mencegah terjadinya korupsi karena kami melihat dalam sektor pertanian ini banyak kejanggalan yang tidak sesuai dengan spek yang telah dilakukan oleh perusahaan,” tutur Darmawan.

Sementara itu Musyadi, Ketua Komisi B DPRK Aceh Tenggara mengatakan, sangat mengapresiasi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Anti Korupsi Aceh Tenggara dalam mengusut dugaan korupsi proyek pembukaan lahan pertanian di Aceh Tenggara dan dewan akan turun untuk meninjau langsung ke lokasi untuk meninjau proyek tersebut.

“Terima kasih sudah menyampaikan aspirasi sesuai dengan surat pemberitahuan dan kita juga sudah melakukan pengamanan aksi rekan-rekan sekalian,” ujar Musyadi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments