Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Penghentian siaran televisi analog yang sudah mulai diberlakukan secara bertahap, seperti di Banda Aceh dan Aceh Besar membuat tingkat penjualan Set Top Box (STB) TV Digital alami peningkatan. Lantaran untuk masyarakat yang masih mengunakan tv analog, tetap bisa menyaksikan siaran digital tanpa harus mengganti pesawat televisi yang ada di rumah, tetapi dengan cara menambah perangkat STB TV digital yang dijual di pasaran.

Migrasi siaran televisi dari analog ke digital selain bisa memberi kualitas gambar yang lebih bersih, siaran digital juga bisa memberi suara yang jernih dan canggih. Selain itu terdapat puluhan siaran, baik lokal maupun nasional yang bisa disaksikan melalui tv digital, salah satunya Puja TV Aceh yang kini juga sudah bisa disaksikan melalui siaran tv digital.

Seorang penjual barang elektronik yang berada di kawasan Kampung Baru, Kota Banda Aceh, Mahdi Abdurahman mengatakan, kebanyakan masyarakat yang masih mengunakan tv analog kini sudah mulai beralih ke digital menggunakan perangkat STB TV Digital.

Hal itu dilakukan masyarakat bertujuan agar bisa menikmati berbagai siaran tambahan yang bisa disaksikan melalui siaran tv digital, sehingga membuat permintaan STB TV Digital yang dijual di toko elektronik secara grafik mengalami peningkatan, dalam sehari 5 hingga 10 unit STB bisa terjual perhari di berbagai toko elektronik yang ada di Banda Aceh.

Selama ini sebelumnya masyarakat menggunakan tv analog, namun sekarang beralih ke digital. Sehingga STB di toko kami laku keras. Untuk sementara ini, perhari terjual 5-10 STB /toko di Banda Aceh,” ujar Mahdi.

Bagi masyarakat yang  masih mengunakan tv analog bisa menyaksikan siaran digital, dengan mengunakan STB TV Digital yang sudah dijual di pasaran. Untuk harga STB TV Digital dijual mulai dari Rp 250.000 – Rp 300.000 /unit, tergantung merk dan kualitas STB itu sendiri.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments