Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Tim pengabdian dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, memberikan pelatihan dan bimbingan teknis dalam penggunaan dan pengoperasian peralatan mesin produksi pakan ternak di Gampong Kayee Lee, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Dr Darwin selaku ketua tim pengabdian mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kelompok ternak agar mampu menghasilkan olahan pakan ternak secara mandiri dengan memanfaatkan peralatan dan mesin produksi pakan ternak.

Program ini membantu masyarakat peternak hewan ruminansia khususnya sapi dalam mengatasi kesulitan dalam penyediaan pakan ternaknya secara berkelanjutan. Pembuatan pakan ternak ini dilakukan dengan memanfaatkan limbah organik baik itu dari limbah pertanian maupun limbah yang berasal industri pengolahan produk pertanian.

Kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada peternak untuk mengolah limbah pertanian seperti batang pohon jagung, ampas tebu dan jerami menjadi produk pakan ternak berupa silase. Dimana produk pakan silase ini merupakan produk pakan ternak yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sehingga produk ini dapat membantu peternak untuk meningkatkan bobot ternaknya.

Pada kegiatan ini tim pengabdi USK juga memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada masyarakat dan kelompok ternak dalam pengoperasian peralatan mesin produksi pakan ternak yang terdiri dari mesin pencacah biomassa dan mesin biofermentor. Mesin tersebut merupakan mesin peralatan produksi pakan ternak yang bersifat portable sehingga memudahkan para peternak untuk menggunakannya dimana saja.

Program ini juga mendapatkan sambutan yang cukup baik dari peternak sapi dan mengharapkan keberlanjutan dari program ini agar masyarakat peternak sapi terus mendapatkan pendampingan dalam upaya peningkatan produktivitas ternaknya.[*]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments