ACEH JAYA – PUJATVACEH.COM – Setelah sempat ditahan oleh pihak Kepolisian Aceh Jaya. RFR (25) seorang remaja asal Aceh Jaya yang diketahui memiliki keahlian dalam merakit senjata api ini akhirnya dibebaskan, rabu,(24/2/21).

Awalnya RFR disangkakan melanggar UU darurat Nomor 12 tahun 1951 Pasal 1 Ayat 1 dan 2 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Namun setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ternyata senjata yang dirakit oleh RFR ini tidak utuh sebagaimana layaknya sebuah senjata.

Hal lain yang meringankan hingga ia dibebaskan polisi dari jeratan hukum, diketahui ia tidak pernah terlibat dalam kelompok kriminal bersenjata. Apalagi melakukan tindakan kriminal lainnya baik di Aceh Jaya maupun diluar provinsi Aceh.

RFR dibebaskan usai mendapat jaminan dari anggota DPR Aceh Azhar Abdurrahman, untuk kemudian nantinya dilakukan pembinaan kepada dirinya.

Wakapolres Aceh Jaya, Kompol Rizal Antoni dalam Konferensi Pers di Mapolres Aceh Jaya mengatakan, perakitan senjata ini merupakan sebuah eksperimen dari RFR.

“Ia (RFR) merakit senjata sebagai sebuah eksperimen,”Kata Rizal Antoni, Wakapolres Aceh Jaya.

Kemudian, lanjut Rizal Antoni, RFR juga memiliki banyak keahlian, diantaranya ia pernah merakit sendiri sebuah drone (pesawat tanpa awak), lalu ia juga pernah merakit sebuah mesin pencetak gambar.

“Pernah merakit drone, mesin pencetak gambar juga pernah dirakitnya dan beberapa keahlian lainnya,”Tutur Kompol Rizal Antoni menambahkan.

Sementara itu, Azhar Abdurrahman Anggota DPRA yang menjadi penjamin bagi kebebasan RFR mengungkapkan, selaku tokoh masyarakat ia turut senang atas kebebasan salah satu pemuda berbakat dengan segudang prestasi di Aceh Jaya tersebut.

“Alhamdulillah saya merasa senang atas pembebasannya, karena ia salah satu pemuda berprestasi di Aceh Jaya,”ungkap Azhar Abdurrahman, Anggota DPR Aceh Penjamin kebebasan RFR.

Azhar juga menambahkan, RFR dibebaskan dengan dasar upaya restorative justice penyelesaian kasus secara berkeadilan dan keseimbangan yang dilakukan Polres Aceh Jaya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments