Aceh Utara – Pujatvaceh.com – Hingga saat ini,  sebanyak lima ratus ekor sapi di Aceh Utara telah menjalani vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap pertama.

Dalam tahap pertama ini, sapi yang belum pernah terjangkit penyakit PMK menjadi prioritas utama untuk divaksin.  Sedangkan untuk sapi yang pernah terjangkit ataupun yang sedang sakit hanya diberikan obat-obatan.

Asisten II SETDAKAB Aceh Utara, Risawan Bentara, menyebutkan pada tahap pertama ini pinyaknya hanya menerima sekitar seribu dosis vaksin PMK.  Jumlah tersebut tentu sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah populasi sapi di Aceh Utara, yang mencapai 117.800 ekor.

Untuk menyiasati kekurangan dosis tersebut, pihaknya hanya melakukan vaksinasi di sejumlah lokasi peternakan di Aceh Utara, yang  sama sekali belum pernah terjangkit PMK, hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi.

Disamping itu, vaksinasi tahap pertama bagi ratusan sapi di Aceh Utara ini ditargetkan akan selesai dalam beberapa hari kedepan.

“Hari ini ada 5 titik lokasi yang perdana kita vaksin hari Minggu lalu, sementara dalam proses tahan pertama sudah selesai, nanti kita lanjut untuk tahap selanjutnya”, ungkap Risawan Bentara di sela-sela kegiatan vaksin PMK tersebut.

 Angka penyebaran penyakit mulut dan kuku pada sapi di Aceh Utara saat ini mulai menurun hingga 98%.

Sebelumnya jumlah sapi yang terinfeksi PMK mencapai 7000 ekor, yang terbanyak di kecamatan Tanah Jamboe Aye yang mencapai 1.552 ekor dari 6.499 ekor populasi sapi di kecamatan tersebut.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments