Rumah Tani Serahkan Bantuan Satu Unit Jonder Rotary Harrow Bagi Petani di Aceh Barat

Aceh Barat – Seperti diketahui, pandemi covid-19 telah berdampak besar pada berbagai pilar kehidupan. Tak hanya kesehatan, resesi ekonomi dan kekurangan pangan menjadi ancaman serius bagi masyarakat.

Untuk mendukung program pemerintah dalam upaya menjaga ketahanan pangan di masa pandemi covid-19. Rumah Tani Amiruddin ST melakukan terobosan baru dengan mendatangkan satu unit alat canggih jonder rotary harrow atau alat pengelolah tanah. Untuk membantu para petani agar ketersediaan pangan di Kabupaten Aceh Barat tetap terjamin aman.

Untuk masa uji coba, alat tersebut akan beroperasi di tiga desa yakni Desa Meunasah Rambot, Pasi Jumpa dan Desa Putim Kecamatan Kaway 16 Kabupaten Aceh Barat, dengan luas lahan pertanian 120 hektare.

Alat tersebut berfungsi untuk mempermudah kerja para petani dan juga dapat mempercepat proses penanaman padi hanya dalam waktu 15 hari. Sehingga dapat mengurangi beban warga yang saat ini sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi.

“Dengan adanya alat pengelolah tanah yang super canggih itu. Rumah Tani Amiruddin ST berharap para petani dapat memanfaatkan untuk pengelolaan dalam pengembangan di sektor pertanian terutama ketersedian lumbung pangan semakin meningkat,”kata Amiruddin ST, Ketua Rumah Tani Aceh Barat.

“Sehingga musim tanam rendengan dapat dilaksanakan 3 kali dalam setahun,”Ujarnya.

Tak hanya alat pengelolah tanah canggih Rumah Tani Amiruddin ST juga memberikan bantuan pupuk kandang sebanyak 60 ton yang digratiskan kepada petani di aceh barat. Hal itu guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

“Dimasa pandemi ini faktor kesulitan ekonomi menjadi hambatan bagi para petani akibat kurangnya pemasukan, namun dengan adanya bantuan tersebut diharapakan petani dapat meningkatkan hasil panen padi untuk menjaga kestabilan pangan,”Pungkas Amiruddin.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments