Sambut Kepulangan Jamaah Haji, Kepala BKK Ingatkan Jamaah Selalu Gunakan Masker

0
9

Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Jamaah Haji asal Aceh yang masuk dalam gelombang kedua akan mulai kembali ke tanah air, mulai Rabu 10 Juli 2024.

Untuk kloter pertama, jamaah asal Kota Sabang dan Aceh Besar, dengan jumlah jamaah dan petugas 393 jamaah, dijadwalkan mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar pada pukul 14.40 WIB.

Selanjutnya, jamaah menuju Asrama Haji Debarkasi Aceh, untuk kemudian bergerak menuju daerah masing-masing.

Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Aceh, Azhari menerangkan, jamaah yang tiba Rabu siang berasal dari Kota Sabang dan Aceh Besar, pihak Asrama Haji juga telah mempersiapkan berbagai kesiapan untuk pemulangan jamaah haji.

“Kloter pertama Jamaah Haji Aceh akan tiba di tanah air, jumlah jamaah dan petugas 393 jamaah, kloter 1 ini ada satu jamaah dari Sabang yang meninggal dunia di Arab Saudi, jadi jumlah yang pulang hari ini 393 Jamaah, kita dari embarkasi sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas untuk menunggu kedatangan kloter pertama baik dari segi kesehatan, keamanan, maupun akomodasi” tutur Azhari, Ketua PPIH Aceh.

Kepala Badan Kekarantinaan dan Kesehatan (BKK) Kelas 1 Banda Aceh, Ziad Batubara mengimbau agar jamaah haji yang baru tiba agar selalu menggunakan masker.

Kesiapan tim medis juga disiagakan untuk menyambut kedatangan para jamaah haji.

“Kalau bisa jamaahnya selama 14 hari di rumah pakai masker, memutuskan rantai penularan covid 19 yang masih menyerang beberapa negara itu yang pertama, yang kedua khasus influenza yang masih menyerang beberapa negara, ini menjadi pembelajaran bagi kita dan khusus untuk embarkasi Aceh, kami akan melakukan sesuai petunjuk untu melakukan pengawasan dan pengamatan kalau ada jamaah yang bergejala demam 37 derajat setengah, kami akan melakukan swab dan kami lakukan pemeriksaan” kata Ziad Batubara, Kepala BKK Kelas 1 Banda Aceh.

Hingga saat ini jamaah haji yang wafat di Arab Saudi sebanyak 12 jamaah, dengan rincian 11 jama’ah dan 1 petugas haji dan langsung dikebumikan disana.

Untuk air Zam Zam, setiap jamaah diberikan jatah sebanyak 5 liter, dan akan di bagikan di daerah masing-masing saat jamaah tiba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini