LHOKSEUMAWE – PUJATVACEH.COM –Dewan Perwakilan Rakyat Kota Lhokseumawe panggil Kepala Dinas Kesehatan dan tujuh kepala Puskesmas di kota setempat. Pemanggilan ini terkait masalah pencairan insentif tenaga medis yang menangani covid-19.

Pemanggilan ini sebagai tindak lanjut dari laporan beberapa tenaga medis dari Puskesmas di Kota Lhokseumawe yang mendatangi kantor DPRK kota tersebut. Para tenaga medis ini mengeluh terkait insentif covid-19 yang menurut mereka tidak sesuai.

Pasca audiensi yang digagas oleh Wakil Ketua II DPRK Kota Lhokseumawe T. Sofianus, ternyata masih banyak hal yang belum tersosialisasi dengan baik, seperti standar operasional prosedur dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,terkait teknis pencairan insentif tersebut.

“Banyak hal belum disosialisasikan dengan baik, seperti SOP di Kemenkes RI, terkait teknis pencairan insentif,” Ujar T. Sofianus, Wakil Ketua II DPRK Lhokseumawe.

Menurut T. Sofianus, sejauh ini ada stigma bahwa semua elemen puskesmas ikut dalam penanganan covid-19, hingga kemudian muncul tuntutan insentif dari para tenaga medis di Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Said Alam Zulfikar mengatakan, tujuan pemberian insentif ini untuk meningkatkan pelayanan, dan sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada tenaga kesehatan.

“Insentif diberikan untuk meningkatkan pelayanan oleh tenaga medis, insentif ini juga penghargaan dari pemerintah bagi tenaga Kesehatan,” Kata Said Alam Zulfikar, Kadiskes Kota Lhokseumawe.

Menurut Said, insentif bagi tenaga kesehatan ini terhitung sejak maret sampai desember 2020 dengan jumlah keseluruhan dua milyar rupiah. Hal itu berdasarkan juknis yang diberikan oleh kementrian kesehatan republik indonesia sesuai dengan kasus yang ditangani.

“Dari maret sampai esember 2020, jumlahnya dua miliar, sesuai Juknis dari Kemenkes,”Ujarnya.

Untuk Informasi tambahan, pencairan insentis tenaga medis ini baru dicairkan untuk bulan maret hingga mei 2020, sedangkan sisanya belum disalurkan karena ada perbedaan persepsi dari masing-masing puskesmas di Kota Lhokseumawe.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments