Air sungai Krueng Trang di Gampong Babah Dua, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya dalam kondisi air yang mulai berwarna hitam pekat yang diduga merupakan limbah perusahaan minyak kelapa sawit yang tak jauh dari lokasi sungai.

NAGAN RAYA – PUJATVACEH Air sungai Krueng Trang di Gampong Babah Dua, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya dalam kondisi air yang mulai berwarna hitam pekat, terdapat buangan yang diduga merupakan limbah perusahaan, terus mengaliri sungai di kawasan itu.Tak jauh dari lokasi sungai, terdapat satu perusahaan minyak kelapa sawit, lantas kejadian ini menjadi perhatian warga sekitar (7/6).

Menurut warga, aliran air berwarna hitam pekat yang mengaliri sungai tersebut  diduga ialah limbah dari perusahaan dan kondisi ini sangat membayakan ekosistem sungai. Pasalnya racun yang terkandung didalam cairan limbah dapat mematikan ikan dan ekosistem sungai lainnya yang biasa dapat dimanfaatkan oleh warga untuk kebutuhan ekonomi.

Warga menyayangkan sikap perusahaan yang melakukan pembuangan limbah secara sembarangan tanpa memperhatikan dampak lingkungan sekitar.

Keuchik Gampong Babah Dua, Dailami mengatakan bahwa persoalan pembuangan limbah ke sungai ini baru pertama kali terjadi, menurutnya limbah yang dibuang sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga pihaknya meminta perusahaan yang bersangkutan agar dapat menjaga lingkungan sekitar perusahaan.

“Baru terlihat pertama kali air limbah seperti ini. Jika untuk warga mandi, tidak bisa lagi karena gatal dan akan timbul penyakit kulit lainnya”, Kata Dailami, Geucik Babah Dua.

Sementara itu Humas PT Barata Subur Persada, Tantawi, mengatakan bahwa cairan yang mengalir ke sungai belum tentu dari perusahaan, tidak menutup kemungkinan jika cairan tersebut adalah dari buangan air yang bersumber dari perkebunan warga sekitar.

“Kalau buangan air dari atas, bisa dipastikan itu air limbah. Tapi, yang saya ketahui air buangan disini, itu air buangan kebun warga dan tidak bisa kita tutup”, Ujar Tantawi, Humas PT Barata Subur Persada.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments