T Sofianus : Pramuka Harus Bangkit, Institusi Pendidikan harus paham Kepanduan karena itu amanah Undang-Undang

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com : Pramuka sebagai salah satu organisasi yang diakui oleh Negara berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka , dalam undang-undang ini mengatur berbagai aspek, seperti aspek pendidikan kepramukaan, kelembagaan, tugas dan wewenang Pemerintah dan pemerintah daerah, hak dan kewajiban para pemangku kepentingan, serta aspek keuangan gerakan pramuka.

 

Terkait dengan hal tersebut diharapkan Pramuka Kota Lhokseumawe terus berbenah dan bangkit serta mengkonsolidasikan diri agar program pendidikan pramuka/ kepanduan di kota lhokseumawe semakin baik kedepannya, apalagi saat ini Pramuka Kota Lhokseumawe sedang mempersiapkan untuk mengikuti jambore Nasional di Cibubur Jakarta.

Terkait adanya hambatan birokrasi yang selama ini terjadi disebabkan oleh kewenangan pendidikan dasar dan menengah telah berbeda/ jika sebelumnya seluruh kewenangan berada di kabupaten kota, meskipun kini untuk pendidikan menengah berada dibawah kewenangan propinsi tidak menjadi persoalan karena ada kantor Dinas pendidikan Cabang Lhokseumawe yang setiap saat bisa berkoordinasi tentang perkembangan pramuka di tingkat sekolah menengah atas atau pramuka penegak.

 

Hal ini disampaikan oleh T Sofianus Wakil ketua DPRK Kota Lhokseumawe saat menghadiri Halal Bihalal kwarcab Lhokseumawe  Minggu,17 Juli 2022 di Gedung Sekretariat Kwarcab kota Lhokseumawe, “Saya tegaskan jika ada institusi pemerintah khususnya Pendidikan tidak memahami pramuka, bahkan menganggap pramuka itu tidak terlalu penting, maka mereka tidak memahami undang-undang dan ini harus segera dievaluasi” ungkapnya dihadapan pengurus Kwarcab Kota Lhokseumawe.

 

Sementara itu Sekretaris Kwarcab Kota lhokseumawe T. Ruslan menyambut baik dukungan moril dari Wakil ketua DPRK Kota Lhokseumawe tersebut dan berharap agar pramuka kota lhokseumawe bisa ikut berpartisipasi baik event daerah maupun nasional bahkan internasional kedepannya, semuanya ini demi pembinaan generasi penerus bangsa.

 

Meski dalam kesederhanaan halal bihalal sesama pengurus berlangsung penuh keakraban, T sofianus bisa bernostalgia dengan Pembina pramuka yang pernah menempanya karakternya saat sekolah di Kota Lhokseumawe dulu,selain itu Wakil Ketua Kwarcab Kota Lhokseumawe Bidang sarana dan prasarana ini juga menceritakan bagaimana dirinya bersama pengurus Pramuka kota Lhokseumawe dahulu membentuk Kwarcab Lhokseumawe setelah Kota Lhokseumawe memisahkan diri dari kabupaten induk Aceh Utara. Kini saatnya Pramuka Kota Lhokseumawe semakin berbenah agar Pendidikan Karakter Generasi Penerus kita agar lebih baik kedepannya, pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments