ACEH BESAR – PUJATVACEH.COM – Jalan Lintas Limpok-Cot Irie Kabupaten Aceh Besar tidak kujung di aspal menyebabkan lubang kian membesar. Jalan yang menghubungkan antar desa tersebut tidak hanya di lalui oleh warga desa setempat, akan tetapi sudah menjadi pilihan masyarakat umum dalam berkaktifitas, baik dari dan luar Darussalam terutama para mahasiswa yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniri, Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Abulyatama (Unaya).

Tidak terkecuali mobil truck pengerjaan proyek Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) yang juga ikut memanfaatkan jalan alternatif tersebut yang bebannya melebihi kapasitas ketahanan jalan.

Asyuri salah satu pengguna jalan berharap, pemerintah Kabupaten Aceh Besar segera memperbaiki jalan tersebut karena merupakan jalur alternatif menuju tiga universitas utama seperti UIN, USK dan Unaya.

“Kita harap ini segera diperbaiki karena jalan ini merupakan jalur alternatif ke tiga universitas utama,” Harap Asyuri.

Lubang jalan yang semakin hari kian membesar, juga membuat pengguna jalan khawatir untuk melintasi nya terutama pada saat musim hujan karena lubang tidak terlihat akibat genangan air.

Ir. Mawardi Ali Bupati Aceh Besar mengatakan, jalan tersebut merupakan bagian dari jalan non-status. Namun pihaknya mengupayakan Jalan Bantaran Sungai Krueng Aceh tersebut agar dapat di kelola bersama antara pemerintah kabupaten-kota. Apabila Pemerintah Provinsi Aceh tidak dapat mengelolanya, maka jalan ini bisa menjadi jalan Pemkab-Kota.

“Jika Pemerintah Provinsi tidak mau angkat sebagai jalan provinsi, kita bias tarik menjadi jalan kabupaten-kota yang kemudian kita bangun bersama-sama. Tahun ini telah kita cari solusi, dan statusnya nanti akan kita pertegas,” Ungkap Ir. Mawardi Ali Bupati Aceh Besar.

Perlu di ketahui, Aceh Besar memiliki jalan berjumlah 1.277 meter dan terus melakukan perbaikan, termasuk juga dengan jalan non-status atau jalan inspeksi yang di bangun untuk keperluan irigasi dan tanggul seperti Bantaran Sungai Krueng Aceh.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments