Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Seorang tenaga kerja asing yang bekerja di pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU unit 3 dan 4, kabupaten Nagan Raya, viral di media sosial, karena menggunakan seragam mirip militer. Sebelumnya video amatir yang berdurasi tujuh detik ini, sempat menghebohkan warga. Tenaga kerja asing tersebut disorot, karena menggunakan seragam mirip dengan militer china.

Diketahui TKA bernama Wang Yunzhou (39) merupakan teknisi yang didatangkan oleh PT Tianjin sebagai rekanan dari PT Meulaboh Power Generation, selaku perusahaan induk dalam pembangunan PLTU unit 3 dan 4 Nagan Raya, untuk melakukan audit beberapa pekerjaan.

Saat ini, TKA tersebut sudah dipulangkan ke daerah asalnya yakni Heibei – China, pasca videonya viral di media sosial, ketika sedang menggunakan seragam ala militer di lokasi pintu masuk pos penjagaan pembangunan PLTU unit 3 dan 4 Nagan Raya.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian atau Wasdik, Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh, Iskandar mengatakan, bahwa TKA yang viral diduga menggunakan baju militer, bukanlah tentara, melainkan pekerja asal china yang bekerja untuk pembangunan PLTU sebagai teknisi.

“Untuk permasalahan baju loreng setelah saya kroscek kemarin memang di negara dia baju loreng itu sama dipakai halnya oleh pekerja sehari-hari, sehingga terbawa kemari jadi terpakai lah oleh dia, tapi yang jelas yang bersangkutan bukanlah anggota tentara, dia murni TKA yang bekerja di bawa PT Tianjin untuk mengaudit ada beberapa pekerjaan yang harus segera diselesaikan“ ujar Iskandar, Wasdik Imigrasi Kelas II Meulaboh.

Pihaknya menegaskan seragam yang digunakan TKA tersebut bukanlah seragam militer, meski demikian, untuk menghindari terjadinya kegaduhan, manajemen PLTU akan melarang tenaga kerja asing memakai seragam yang mirip militer, untuk tidak digunakan lagi.

Sementara, TKA yang yang viral karena menggunakan seragam mirip militer tersebut, telah dipulangkan ke daerah asalnya Heibei – China, meski tugasnya sebagai audit pekerjaan di PLTU 3 dan 4 Nagan Raya, masih tersisa satu pekan lagi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments