Aceh Barat – PUJATV Aceh – Ratusan Warga Gampong Ujong Tanjong Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat Selasa malam (13/10/20). melaksanakan do’a keliling gampong hal itu dimaksudkan untuk tolak bala termasuk mencegah masuknya wabah pandemic COVID-19.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan doa sambil mengelilingi desa itu, yang dilaksanakan setelah shalat isya berjamaah di masjid Al-Ihsan gampong setempat.

Sejumlah anak-anak ikut berkeliling desa laksanakan do’a tolak bala di gampong ujong tanjong kecamatan meureubo Aceh Barat.

Kemudian peserta dengan serentak memanjatkan do’a dengan melafadzkan wirid Ya Al-Latif atau lebih dikenal do’a ‘tulak bala’, yang dipimpin langsung oleh Teungku Mustaqim sebagai Imam Mesjid di gampong setempat. Yang diikuti seluruh elemen masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain Do’a tolak bala, jama’ah juga berzikir dan bershalawat sembari berjalan kecil dengan memegang obor sebagai penerang jalan.

“Ini adalah cara yang sering dilakukan oleh orang tua kita dulu, tujuan dari mengelilingi kampung sambil membaca doa adalah untuk memagari kampung kita dari segala penyakit yang sedang mewabah saat ini“, Ujar Teungku Mustaqim, Imam Mesjid Desa Ujong Tanjong.

Kegiatan Membaca Wirid Al-Latif atau Do’a tolak bala, merupakan rutinitas setiap tahun yang dilakukan khususnya bagi orang Aceh, yang telah menjadi warisan bagi orang tua terdahulu, hal itu dilakukan untuk dijauhi dari berbagai malapetaka, marabahaya, bencana dan segala macam wabah penyakit, termasuk Pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda Aceh.

“Nabi sudah menyampaikan kepada umatnya, bahwa jika sedang ditimpa oleh suatu musibah, seperti bencana corona saat ini, maka hendaknya kita memperbanyak doa. MakaMaka dengan kegiatan doa yang kita lakukan ini semoga Allah menjauh kita semua dari bahaya wabah corona ini,” Jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini tak hanya dilakukan oleh masyarakat, namun juga diikuti oleh para santri dan santriwati yang ada di pesantren Inti Darul Aitami dan Daya Terpadu Zainatul Ulim Diniyah Islamiyah (ZUDI), Gampong Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Tradisi Berdoa keliling desa untuk Tulak Bala masih dijalankan hingga kini oleh masyarakat di desa ujong tanjong kecamatan meureubo Aceh Barat.

“Kita berharap pelaksaan zikir dan do’a bersama ini dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan memohon agar dijauhi dari segala marabahaya yaitu Pandemi Covid-19”. Harapnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments