Aceh Jaya – Hujan yang cukup deras tidak menyurutkan langkah dan semangat para tamu undangan serta masyarakat setempat untuk hadir pada acara peresmian masjid baru pada Sabtu (2/7/2022).

Masjid yang baru saja diresmikan tersebut diberi nama Masjid Din Muhammad yang berada di perbatasan Gampong Sangoe dan gampong Lam Asan, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Peresmian yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga siang hari itu dihadiri pula oleh Direktur Puja TV, tengku dan ulama Aceh, Kadis Dinas Syariat Islam, Kepala Kemenag Aceh Jaya, unsur muspika jaya, keuchik setempat, imum mukim Pante Cermin serta masyarakat Gampong Sangoe – Lam Asan, Aceh Jaya.

Salman Al Farisi, pria kelahiran Khaju, Aceh Besar dalam hal ini sebagai penanggungjawab pembangunan Masjid Din Muhammad menyampaikan, bahwa donasi pembangunan masjid ini diberikan oleh Hj. Ummi Syarifah Binti Din Muhammad yang berasal dari Singapura dengan menggelontorkan anggaran sebesar 1.6 milyar rupiah. Hj. Ummi Syarifah menitipkan dana untuk membangun masjid-masjid di Aceh sebagai tabungan akhirat melalui Salman Al-Farisi.

Dalam surat wasiat keluarga Din Muhammad, Salman menyampaikan pesan agar masyarakat dapat meramaikan masjid dengan menjalankan shalat berjamaah di masjid Din Muhammad. Di sela-sela kegiatan tersebut, Salman Al Farisi juga menyantuni anak yatim-piatu di Gampong Sangoe dan Lam Asan.

“Alhamdulillah kita telah melakukan peresmian dan penyerahan kepada masyarakat, dan masjid ini kita bangun dalam waktu 10 bulan dengan anggaran 1,6 miliar dari Hj. Ummi Syarifah Binti Din Muhammad dari Singapura yang bertujuan sebagai tabungan akhirat kelak,” ujar Salman Al Farisi.

Iskandar selaku Sekdes Gampong Lam Asan merespon baik dan terus memantau desa-desa mana saja yang membutuhkan masjid untuk segera dibangun.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Hasan dan Umi Syarifah dari Singapura dan InsyaAllah kami juga akan memantau desa-desa lain yang mungkin memerlukan masjid dan kami akan kembali membantu membangun masjid lagi bersama pak Salman,” kata Iskandar.

Setelah melalui tradisi tepung tawar dan pemotongan pita oleh penanggungjawab, acara ditutup dengan kenduri atau makan bersama-sama sebagai bentuk rasa syukur karena kini masyarakat Gampong Sangoe dan Lam Asan telah memiliki sebuah masjid indah yaitu Masjid Din Muhammad.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments