Aceh Barat – Banjir rob akibat gelombang pasang purnama yang terjadi sejak 2 hari terakhir mengakibatkan 2 desa yakni Gampong Pasir dan Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat  terendam banjir rob dengan ketinggian air mencapai 30 hingga 50 centimeter.

Tak hanya merusak sebagian tanggul, banjir rob juga merendam puluhan rumah warga yang berada di sepanjang pesisir pantai Kota Meulaboh. Untuk mengantisipasi terjangan gelombang pasang yang semakin meninggi, warga dibantu kepolisian Polres Aceh Barat melakukan evakuasi diri dan alat elektronik serta barang berhaga lainya ke tempat yang lebih aman

Dari data sementara, sebanyak 28 rumah di Gampong Pasir terendam banjir dan 20 kepala keluarga mengungsi, sementara banjir rob juga merendam 30 unit rumah di Desa Ujong Kalak dan sebanyak 36 jiwa terpaksa mengungsi di meunasah desa setempat.

Warga meminta agar pemerintah membangun tanggul dan segara memperbaiki tanggul yang jebol dan rusak parah akibat terjangan gelombang yang tinggi sehingga rumah warga tidak lagi digenangi banjiir rob.

“Kami sebagai warga pesisir berharap pada pemerintah untuk memperbaiki tanggul itu agar kami tidak terkena dampak banjir lagi,” tutur Fikria.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments