Lhokseumawe – Pujatvaceh.com – Kebakaran lahan seluas 20 hektare terjadi di lereng perbukitan tepatnya di kawasan Goa Jepang, Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe pada Sabtu malam.

Kebakaran terjadi sekira pukul 16.30 WIB dan belum diketahui pasti pemicu kebaran tersebut. Namun warga menduga kebaran terjadi akibat aktivitas alih fungsi lahan tidur menjadi lahan produktif dengan cara dibakar.

Lahan yang didominasi oleh tumbuhan yang yang mudah terbakar membuat kebakaran sangat cepat merambat, ditambah dengan lokasi kebakaran yang terjadi di kawasan lereng perbukitan yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan sekitar 5 jam kemudian, setelah 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

“Telah terjadi kebakaran lahan di Blang Panyang tepatnya di belakang SPBU sekitar pukul 04.30 sore sekitar 20 hektar. Pemadaman memakan waktu sekitar 5 jam dibantu pemadam Kota dan dari pemadam PIM,” ujar Samsul Bahri, Ketua Tagana Kota Lhokseumawe.

Kebakaran yang terjadi tak jauh dari salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), sehingga membuat SPBU tersebut terpaksa menghentikan pelayanan untuk sementara waktu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments