Nagan Raya – Pujatvaceh.com – Penyebabaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Nagan Raya tiba-tiba membludak. Sebelumnya kasus tersebut tidak ditemukan, namun sepekan terakhir petugas Dinas Petenakan Nagan Raya mendapati 806 ekor hewan ternak sapi dan kerbau diduga terinfeksi PMK. Bahkan 3 ekor diantaranya dipotong paksa oleh warga, dan petugas terus melakukan pengobatan untuk mengantisipsi penularan penyakit tersebut.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Safridhal mengatakan, jumlah terbanyak kasus tersebut saat ini terdapat di Kecamatan Seunagan, dan cepatnya penularan penyakit ini dikarenakan warga melepas liarkan hewan ternaknya.

“Untuk sementara ini di Kabupaten Nagan Raya terjadi peningkatan PMK karena faktor sistem cara berternak masyarakat. Jumlah total yang sakit sementara sekitar 806 ekor titik yang tersebar di 6 kecamatan yaitu di Kecamatan tripa Makmur, Tadu Raya, Kuala Pesisir, Kuala, Senagan dan Darul Makmur,” ujar Safridhal.

Sementara itu, tim petugas Balai Veteriner Medan telah mengambil sampel liur dan darah ternak yang diduga terinfeksi untuk dilakukan pengecekan di laboratorium. Sementara, dinas terkait terus melakukan upaya pencegahan dengan memberikan vitamin ke ternak warga.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments