Aceh Selatan – Pujatvaceh.com – Detik – detik terjadinya kebakaran satu unit kapal nelayan KM Ariya Purnama, di pelabuhan pendaratan ikan atau PPI Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan. Akibat peristiwa tersebut, membuat warga yang berada di kawasan pelabuhan dan pasar ikan, panik berhamburan.

Kebakaran terjadi diduga saat nelayan sedang memperbaiki mesin kapal yang terpakir di pelabuhan, namun tiba – tiba terjadi ledakkan dan api dengan cepat membakar seluruh badan kapal.

Api berhasil dipadamkan selama hampir dua jam lebih, setelah warga bersama petugas dari badan penanggulangan bencana daerah atau BPBD Aceh Selatan, mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

Dalam insiden ini, seorang nelayan Iqbal (37) warga Ujung Padang, Sawang, Aceh Selatan, meninggal dunia akibat terbakar, sedangkan nelayan lainnya samsul (42) warga Desa Sawang I, mengalami luka bakar yang cukup parah.

Kedua korban berhasil dievakuasi petugas, untuk korban yang meninggal dunia telah dibawa ke rumah duka untuk dikebumikan, sedangkan korban yang mengalami luka bakar, kini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Yuliddin Away Tapaktuan, untuk mendapatkan penanganan medis.

Selain menimbulkan korban jiwa, kebakaran tersebut juga menimbulkan kerugian para nelayan, mencapai ratusan juta rupiah.

“Terdengar bunyi ledakan keras dari arah PPI disusul dengan kepulan asap hitam dari salah satu kapal mesin di PPI Sawang ba’u kabupaten Aceh Selatan. Diperkirakan sebelum meledak ada aktivitas di dalam boat tersebut. Penyebab meledaknya boat tersebut masih dalam tahap penyelidikan serta pemadaman api lebih kurang 2 jam lebih. Korban jiwa diperkirakan 2 orang, satu orang meninggal dunia dan satu orang lagi masih dirawat intensif” Kata Muhammad Adam, Koordinator Tagana Aceh Selatan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments