Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com – Inilah detik-detik terjadinya angin puting beliung di desa Sejahtera dan Sejahtera Baru kecamatan Babul Makmur kabupaten Aceh Tenggara pada Kamis sore.

Pusaran puting beliung terlihat di permukiman warga dan menerjang rumah warga, tidak lama kemudian angin berputar kencang dan mulai memporak porandakan permukiman, sejumlah pemilik rumahpun panik dan ketakutan. Akibatnya 22 rumah warga dan 5 fasilatas umum rusak, dan 9 rumah diantaranya rusak berat hingga tak bisa di tempati, beruntung saat kejadian tidak ada korban jiwa.

Sejumlah warga yang rumahnya rusak terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara mereka, sementara kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Desa Sejahtera Baru, Donal Halomoan Simanghungsong, mengatakan warga sempat panik dan ketakutan saat angin datang tiba-tiba menerjang rumah warga.

“Pada saat datang angin puting beliung warga di desa sejahtera baru dan juga desa sejahtera bisa dikatakan berhamburan keluar dari rumah masing-masing untuk berkumpul di satu titik. Warga sempat panik karena belum pernah ada angin puting beliung dan ini baru pertama kali terjadi di desa ini selama beberapa puluh tahun ini” ujar Donal Halomoan Simanghungsong, Kepala Desa Sejahtera Baru.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tenggara, Nazmi Desky, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk pengusulan perbaikan berupa bantuan bahan bangunan kepada masyarakat yang terdampak akibat musibah ini.

“Telah terjadi musibah angin puting beliung menyebabkan ada dua desa yaitu di desa sejahtera dan di desa sejahtera baru dimana akibat dari angin puting beliung tersebut ada 22 rumah yang mengalami rusak ringan dan berat dan ada 5 fasilitas umum yang terkena imbas seperti gereja, sekolah, TK dan kilang padi” kata Nazmi Desky, Kalaksa BPBD Aceh Tenggara.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments