Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Sesuai dengan Instruksi Menteri dalam Negeri (INMENDAGRI) nomor 39 tahun 2022, yang diterbitkan pada awal Agustus 2022 menyatakan bahwa bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar kembali menjadi entry point penerbangan internasional bersama 17 bandara lainnya di Indonesia yang sempat ditutup pada saat virus covid-19 merebak.

Keluarnya INMENDAGRI yang memasukan bandara SIM sebagai pintu masuk penerbangan internasional mendapat respon baik dari seluruh stakeholder. Sebelumnya bandara SIM memang sudah ditetapkan sebagai bandara internasional. Namun, saat covid-19 melanda tak terkecuali Aceh, bandara SIM sempat di tutup untuk jalur penerbangan internasional.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T. Faisal menjelaskan dalam INMENDAGRI yang sudah dikeluarkan, disebutkan terkait petunjuk dan teknis aturan penerbangan, nantinya akan diatur kembali oleh kementerian perhubungan, satuan tugas covid-19 dan lembaga terkait lainnya.

Lebih lanjut T. Faisal menerangkan saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan pihak maskapai terkait persiapan penerbangan kembali dengan rute internasional.

Ada tiga maskapai yang telah menyatakan kesiapan untuk melayani penerbangan internasional via bandara SIM, yakni Firefly, Lion Air dan Air Asia.

“Alhamdulillah, bandara SIM baru saja mendapatkan instruksi mendagri no 39 tahun 2022 disebutkan bahwa salah satu entry pointnya adalah bandara sultan iskandar muda di Aceh, disamping beberapa bandara lain di Indonesia”, ujar T.Faisal.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments