Foto : Kondisi salah satu rumah warga yang terendam banjir di Aceh Utara

ACEH UTARA – PUJATVACEH.COM – Hingga Selasa sore, banjir yang melanda 23 kecamatan di Aceh Utara sejak empat hari terakhir mulai berangsur surut. Namun sebanyak 6 kecamatan diantaranya masih terendam banjir, akibatnya ribuan warga terpaksa harus bertahan ditempat pengungsian lantaran belum bisa kembali ke rumah masing-masing.

6 kecamatan yang masih terendam banjir yaitu Kecamatan Lhoksukon, Tanah Luas, Tanah Pasir, Matang Kuli, Pirak Timu, Dan Kecamatan Baktia Barat.

Amir Hamzah, Kepala pelaksana badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Aceh Utara mengatakan, berdasarkan hasil pendataan sementara, terdapat 178 titik pengungsian yang tersebar di 23 kecamatan yang terampak banjir di kabupaten tersebut.

Selain pemukiman warga, banjir juga masih menggenangi sejumlah sekolah, perkantoran, maupun fasilitas umum lainnya  yang  ada di kecamatan Lhoksukon, yang merupakan ibu kota kabupaten aceh utara.

“Hingga hari keempat banjir, pemerintah Kabupaten Aceh Utara dibantu oleh sejumlah pihak mulai menyalurkan berbagai bantuan logistik kepada korban banjir” kata Amir Hamzah.

Warga yang masih bertahan ditempat pengungsian mengaku, mereka telah meninggalkan rumahnya selama tiga hari akibat dari musibah banjir tersebut.

Seperti warga di Desa Alue Keujruen, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, yangbelum bisa kembali lantaran rumah mereka masih digenangi air setinggi lutut orang dewasa.

“Kami telah dibantu oleh pemerinta kabupaten maupun sejumlah dermawan” ujar sarjani, Warga Desa Alue Keujruen.

Bagi pengungsi yang mengeluh sakit, pihak aparatur desa langsung membawanya ke puskesmas terdekat.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments