Rosmiati, salah seorang pebisnis online warga Gampong Lam Manyang, Kec. Peukan Bada, Aceh Besar

BANDA ACEH – PUJATVACEH.COM – Memfoto barang dagangan, selanjutnya diposting ke sosial media, cek orderan masuk, dan  mengemas barang untuk dikirim ke pelanggannya, merupakan kegiatan Rosmiati, salah seorang pebisnis online, warga Aceh Besar.

Aktifitas ini ia lakukan selama wabah covid-19 merebak di Indonesia, tak terkecuali di Aceh, sejak maret awal tahun 2020.

Awalnya, Rosmiati berdagang keliling, menawarkan dagangan dari rumah ke rumah. Hal tersebut membuahkan hasil, sehingga pada akhir tahun 2019 lalu, dirinya mampu menyewa satu unit bangunan yang dijadikan tempat usahannya, di kawasan Lam Manyang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

“Awalnya dulu berdagang dari rumah ke rumah, lalu mencoba juala online, sampai bisa membuka toko sendiri” ujarnya.

Namun pandemi covid-19 telah membuat pendapatannya terjadi penurunan.

“Pendapatan ya mungkin menurun, mungkin dikarenakan kebanyakan pelanggan tidak dapat bekerja secara optimal pada masa pandemi, sehingga tidak ada uang untuk belanja” katanya.

Meski demikian, Rosmiati selalu Up To Date melihat kebutuhan pasar. Pandemi ini tidak membuatnya patah semangat untuk berjualan. Dirinya memanfaatkan sosial media, untuk selalu terhubung dan menyajikan barang-barang jualannya.

“Intinya jangan malas, apa yang diperlukan sama masyarakat kita cari dan kita jual, semua kita jual, bahkan ikan pun pernah kita online-kan” pungkasnya.

Ia menambahkan untuk tetap dirumah saja merupakan langkah terbaik yang di anjurkan oleh pemerintah, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Aceh, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments