Bireuen – Pujatvaceh.com – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh melakukan pemeriksaan sampel jajanan buka puasa di Kabupaten Bireuen, pada Senin, 11 April 2022 sore kemarin, dalam pemeriksaan ini, aneka macam makanan dan minuman berbuka puasa yang dijual pedagang musiman di Bireuen, setelah dilakukan uji sempel, dipastikan aman dikonsumsi karena tidak di temukan menggunakan zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan.

Kegiatan ini merupakan upaya intensifikasi pengawasan pangan selama bulan suci Ramadhan, untuk itu BBPOM Banda Aceh bekerjasama dengan Pemda Bireuen melakukan pengawasan takjil yang dijual warga.

Pemeriksaan yang dilakukan ini untuk memeriksa sampel takjil yang dijual apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak, ada 26 sampel makanan dan minuman sudah di sampling terdiri dari mie, bakso bakar, bakso goreng dan tahu.

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh mengatakan, setelah diuji cepat tidak ada satupun yang mengandung bahan berbahaya baik itu formalin, borax, metanil yellow, rodamin b, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat di Bireuen. Ia berharap agar masyarakat mengkonsumsi makanan yang aman, tidak ada mengandung bahan berbahaya, sehingga kesehatan masyarakat bisa terjaga, bebas dari bahan berbahaya.

“Kita melakukan pengawasan di kabupaten Bireuen untuk melihat sampel ini apakah aman atau tidak. beberapa sudah di sampling, terdiri atas mie, bakso bakar, tahu goreng, bakso goreng, cincau, dan alhamdulillah dari 26 sampel itu telah diuji cepat dan tidak ada satupun yang mengandung bahan berbahaya“ kata Yudi Noviandi, Kepala BBPOM Banda Aceh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments