31.7 C
Banda Aceh
Kamis, 30 Mei, 2024

Bung Hatta PNL: Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi dan Silaturrahmi (K3S) Kunci Sukses Dalam Memimpin

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme
Newspaper Theme

Bung Hatta PNL: Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi dan Silaturrahmi (K3S) Kunci Sukses Dalam Memimpin

Lhoksukon –  Pujatv.com : Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi, dan Silaturahmi (K3S) adalah kunci sukses untuk memimpin dalam upaya mencapai tujuan dan mengatasi tantangan. Karena setiap elemen membantu membangun fondasi yang kuat untuk kerjasama, inovasi, dan pemecahan masalah yang efektif. Dan muaranya dapat menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, proaktif, dan produktif, yang pada gilirannya akan membantu mencapai tujuan yang ditetapkan.

 

Seorang pemimpin harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan koordinasi yang kuat, kemauan untuk berkolaborasi, dan kemampuan untuk menjaga silaturahmi dengan baik.

 

Komunikasi memainkan peran yang sangat penting dalam kepemimpinan dan merupakan inti dari menjalankan amanah. Komunikasi adalah saluran atau kanal dalam penyampaian visi, tujuan, dan arah organisasi.

 

Komunikasi yang baik memungkinkan lahirnya pertukaran ide dan gagasan, pemahaman yang lebih baik, dan koordinasi yang lebih efisien. Hal ini membantu pemimpin untuk memastikan bahwa pesan, informasi, dan tujuan yang penting tersampaikan dengan jelas dan tepat waktu.

 

Selanjutnya koordinasi. Kemampuan untuk mengkoordinasikan tindakan dan sumber daya adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin yang koordinatif dapat memastikan bahwa semua anggota tim bekerja secara terorganisir dan efisien menuju tujuan yang sama.

 

Dengan semangat koordinasi akan menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan kolaboratif untuk mencapai target yang telah ditentukan.

 

Pemimpin yang baik juga akan selalu mendorong adanya kolaborasi. Kolaborasi memungkinkan pemimpin untuk menghasilkan solusi yang lebih inovatif, kreatif, dan efektif untuk permasalahan yang kompleks.

 

Dengan semangat kolaborasi, pemimpin dapat memanfaatkan kekuatan, keterampilan, dan perspektif yang beragam dalam mencapai hasil yang lebih baik secara kolektif daripada yang dapat dicapai secara individu. Serta menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan saling mendukung.

 

Kunci sukses dalam memimpin yang terakhir adalah silaturrahmi. Silaturahmi akan membangun hubungan yang kuat bagi pemimpin untuk memperoleh dukungan dan kepercayaan. Silaturahmi yang baik juga membantu memperkuat ikatan antar individu dan meningkatkan kualitas kerjasama dalam tim.

 

Hal ini sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa _”Tiada kesuksesan tanpa perjuangan, tiada perjuangan tanpa persatuan, tiada persatuan tanpa kebersamaan, dan tiada kebersamaan tanpa adanya Silaturrahmi “_.

 

Penulis

Ir. Muhammad Hatta, SST. MT

Ketua Forum Humas Politeknik Negeri Se Indonesia

 

Ketua Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara

Via*

Distribusi Dana KIP-Kuliah Dianggap Kerap Salah Sasaran, Mahasiswa Menuntut Perbaikan Sistem dan Regulasi

Distribusi Dana KIP-Kuliah Dianggap Kerap Salah Sasaran, Mahasiswa Menuntut Perbaikan Sistem dan Regulasi Salah seorang Mahasiswi mencoba akses situs beasiswa KIP-K. Banda Aceh - Pujatv.com: Salah...

Makmeugang di Aceh: Jejak Sejarah yang Tetap Hidup

Makmeugang di Aceh: Jejak Sejarah yang Tetap Hidup Dr. Muslem, MA, Ketua Prodi Sejarah peradaban Islam IAIN Langsa Langsa -Pujatv.com: Ragam tradisi budaya seringkali menyatukan sejarah...

PALESTINA ADALAH MASALAH KEMANUSIAAN

PALESTINA ADALAH MASALAH KEMANUSIAAN Dicky Saputra (Ketua DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kota Lhokseumawe Masalah Pembantaian di Gaza bukan saja masalah Bangsa Palestina tetapi masalah seluruh...

POPULERnew
Berita terpopuler