Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh menggelar kegiatan Bimbingan Teknis bagi wirausaha pemula yang dimulai sejak 29 September – 02 Oktober 2022 mendatang yang diikuti oleh 30 peserta.

Selain mendapat materi, peserta juga wajib mengikuti kegiatan praktek lapangan langsung dalam hal pengolahan kopi, meracik minuman kopi hingga mendesain kemasan produk kopi.

Kepala Dinas Koperasi UKM Aceh, Azhari mengatakan,kegiatan bimtek kali ini lebih fokus pada bimbingan para pelaku usaha secara detail dan komplit berdasarkan ilmu, materi dan pengalaman dari para ahli di bidang kopi, serta membahas tentang bagaimana membuka usaha mandiri dan menciptakan kemasan produk kopi kekinian.

“Agar mereka mendapat ilmu terkait cara mengelola sebuah usaha UMKM jenis produk kopi di Banda Aceh, kemudian penguatan sikap wirausaha yakni kedisiplinan, kejujuran dalam berwirausaha sekaligus motivasinya dan terakhir penguatan aspek keterampilannya dalam mengelola sebuah usaha,” kata Azhari.

Pada kegiatan bimtek ini juga akan diberikan praktek langsung ke lapangan/untuk menunjang para peserta mendapatkan materi secara praktikum yang akan digelar di Sultan Salim Kopi pada hari terakhir bimtek. Ketua panitia bimtek, Saiful Bahri mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti sebanyak 30 peserta ini didominasi pemula dari Banda Aceh.

“Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari usaha pengolahan kopi khusus di Kota Banda Aceh yang berisi sesi wawancara, materi dan ada praktik juga di tempat pengolahan kopi,” ungkap Saiful.

Sementara itu, salah seorang peserta bimtek, Adam juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Besar harapannya agar usai mengikuti bimtek, para peserta dapat dibantu dalam hal mengurus administrasi.

“Harapannya dari peserta mungkin bisa dibantu dalam urus perizinan dan karena berkecimpung dalam bidang itu jadi ada sedikit impian untuk berwirausaha,” ujar Adam.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments