Aceh Barat Daya – Pujatvaceh.com – Menanggapi surat edaran dari kementerian kesehatan, petugas gabungan dari Dinas Kesehatan dan Kepolisian Polres Aceh Barat Daya melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah apotek di wilayah kabupaten setempat.

Sidak tersebut, dilakukan guna memastikan agar obat jenis sirup yang dilarang peredarannya, tidak dijual di apotek untuk sementara waktu. Adapun jenis sirup yang diduga menjadi pemicu gagal ginjal akut pada anak yakni, termorex, unibebi cough, flurin, unibebi demam dan unibebi demam drops. Karena obat sirup tersebut mengandung etilen glikol dan dietilen glikol di atas ambang batas normal.

Dalam sidak tersebut, petugas masih menemukan sejumlah obat sirup masih terpajang di etalase apotek, sehingga terpaksa mengamankan dan menyimpan obat tersebut agar tidak beredar di masyarakat untuk sementara waktu.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kabupaten Aceh Barat Daya, Yusmanita mengatakan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam memilih obat anak, jika memang mendesak sekali bisa langsung berkoordinasi dengan dokter yang bersangkutan.

“Udah ada indikasi anak-anak mengalami gagal ginjal akut karena pengaruh obat dan ini lagi dilakukan penyelidikan apa benar pengaruh dari pemakaian obat sirup, jadi kementerian kesehatan mengeluarkan himbauan kita untuk sementara menghentikan pemakaian obat-obatan dalam bentuk cairan dan sirup“ kata Yusmanita, Kabid Sumber Daya Kesehatan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments