27.9 C
Banda Aceh
Senin, 20 Mei, 2024

Dosen PNL Sukses Rancang Sistem Parkir Otomatis Berbasis RFID di Lingkungan Kampus

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme
Newspaper Theme

 

Dosen PNL sukses Rancang Sistem Parkir Otomatis Berbasis RFID di Lingkungan Kampus

Lhokseumawe –  pujatvaceh.com: Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) Amri, S.ST. MT yang merupakan Ketua penelitian bersama anggotanya  Azhar, ST. MT, Atthariq, S.ST.MT  dan Akmalul Fata, S.ST berhasil merancang sistem keamanan parkir mobil di Kantor Pusat Akademik (KPA) PNL menggunakan RFID (Radio Frequency Identification).

 

Informasi ini disampaikan Amri pada media ini pada Rabu, (29/11/2023) usai uji coba penggunaan portal parkir otomatis di halaman KPA PNL  yang dihadiri  Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc., IPM.,ASEAN. Eng didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M) Dr. Amir Fauzi dan Koordinator Humas dan Kerja Sama PNL Ir. Muhammad Hatta, SST.,MT.

 

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem keamanan parkir mobil di kantor KPA menggunakan RFID, juga untuk merancang Palang Pintu parkir untuk mendeteksi mobil yang masuk ke kantor KPA menggunakan sensor yang hasil deteksinya mobil yang masuk dan yang keluar,” kata Amri.

 

Menurut Amri, penerapan IOT pada palang pintu otomatis untuk memudahkan pengguna parkir untuk mendeteksi mobil yang masuk dan keluar.

 

Amri mengatakan, apa yang mereka laksanakan merupakan hasil dari penelitian unggulan P3M PNL melalui dana DIPA tahun 2023, dimana Penerapan IOT dan teknologi yang dapat diimplementasikan dalam sistem ini adalah penggunaan portal menggunakan  RFID dan RFID Reader sebagai suatu tanda pengenal dan alat pendeteksinya.

 

“Dari perancangan sistem parkir menggunakan RFID juga menggunakan sensor infra merah untuk menutup dan membuka palang pintu dan akan memberitahukan memberitahu lokasi parkir yang keluarannya berupa database untuk menyimpan,” jelas Amri.

 

“Alat ini bertujuan untuk membatasi akses keluar masuk kendaraan dengan menggunakan Id Card. Hasil dari penelitian ini adalah palang pintu yang dapat membaca id card. Setelah pemindaian data id card selesai, data dikirim ke mikrokontroller dan diproses sesuai dengan perintah yang telah ditanamkan ke dalam mikrokontroller,” pungkas Amri.

 

Terkait apa yang dilakukan Amri Cs, Direktur PNL sangat mengapresiasi, dia berharap tahunan depan hal tersebut bisa lebih disempurnakan.

 

“Tahun depan mungkin bisa disempurnakan, dalam rangka menuju smart campus. Ini adalah pilot project kita, ini merupakan hasil penelitian terapan rekan-rekan dosen PNL,” kata Didi demikian Direktur PNL ini biasa disapa.

 

“Selamat dan sukses Pak Amri dan kawan-kawan. Saya mau teknologi seperti ini diterapkan di lingkungan PNL dulu, kemudian baru kita terapkan di luar,” pungkas Didi. []

Via*

Ketua KIP Lhokseumawe Ralat Pernyataan Terkait Dua Politisi Raih Suara Terbanyak Di Pilcaleg

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Ketua Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe Abdul Hakim pada tanggal 16 Mei lalu mengeluarkan pernyataan terkait dua peraih suara badan...

Muklis Azhar Akan Laporkan KIP Lhokseumawe Ke Panwaslih Aceh

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Pasca keluarnya pernyataan Ketua KIP Lhokseumawe Abdul Hakim di Puja TV Aceh bahwa hanya satu Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil...

Faisal Dan Azhar Mahmud Politisi Peraih Suara Rakyat Terbanyak Di Lhokseumawe

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Pemilu Legislatif dan Pilpres yang merupakan pesta demokrasi lima tahunan telah selesai dilaksanakan oleh lembaga-lembaga penyelenggara di seluruh Indonesia. Begitu juga...

Ini Calon Perseorangan Calon Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Lhokseumawe

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe telah mensosialisasikan dan menerima Pasangan Calon Wali Kota Lhokseumawe dari jalur perseorangan atau independen. Kepada Puja...

POPULERnew
Berita terpopuler