Nagan Raya – Pujatvaceh.com – Dua anak dibawah umur yang menjadi terdakwa dalam kasus rudapaksa gadis dibawah umur di Nagan Raya beberapa waktu lalu, mendapat putusan vonis masing masing 5,6 dan  5,4 tahun penjara. Putusan tersebut dijatuhkan pada persidangan penutup yang di gelar secara virtual dan tertutup di ruang sidang anak Mahkamah Syariah Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya pada Selasa (25/01) kemarin, dikarenakan keduanya masih dibawah umur dan sesuai dengan peradilan anak.

Prosesi persidangan yang dipimpin oleh hakim tunggal Afif Waldy tersebut hanya di hadiri oleh orang tua kedua terdakwa, pembimbing kemasyarakatan pada Balai Pemasyarakatan dan penasehat hukum Muhammad Alaidin Johan Syah.

Dalam putusan itu hakim menyatakan kedua terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dan turut serta melakukan jarimah pemeroksaan terhadap anak, kedua terdakwa telah melanggar Qanun Aceh tentang Hukum Jinayat.

Untuk vonis yang diberikan terhadap kedua terdakwa masing masing diantaranya 66 bulan (5,6) tahun untuk terdakwa (MR) dan 64 bulan (5,4) tahun untuk terdakwa (M), keduanya akan ditahan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh.

Penasehat Hukum terdakwa T, Alaidin Johan Syah mengatakan dari hasil pembacaan putusan serta kembali dipertanyakan kepada penasehat hukum oleh hakim tunggal, dia memberi jawaban mempertimbangkan untuk mengetahui upaya hukum yang akan di lakukan bersama keluarga.

Undang –undang memberikan hak kepada mereka untuk melakukan upaya hukum dan diberikan waktu selama 7 hari. Dan kami nantik akan melihat salinan putusan dan akan kita pelajari dulu serta kita akan konsultasi dengan keluarga dari anak untuk melakukan upaya hukum apa,” jelas Muhammad Alaidin Johan Syah – Penasehat Hukum Terdakwa

 Sementara itu, Raden Bayu Ferdian sebagai jaksa penuntut umum (JPU) mengatakan terhadap pembelaan yang dilakukan oleh penasehat hukum terdakwa, pihaknya akan tetap pada tuntutan awal yaitu aqubat penjara selama 66 dan 64 bulan terhadap kedua terdakwa.

Terkait pembelaan yang diajukan oleh terdakwa anak melalui kuasa hukumnya, kami tetap pada tuntutan yang telah kami bacakan yaitu hukuman maksimal dengan uqubat penjara selama 66 bulan,” ungkap Raden Bayu Ferdian, Jaksa Penuntut Umum.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments