Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Tim panitia Khusus Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat melakukan inspeksi mendadak atau sidak di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Pansus yang dilakukan dua Wakil Ketua DRPK yakni Ramli dan Kamarudin serta satu anggota DPRK Ahmad Yani, bedasarkan laporan masyarakat terkait kurangnya pelayanan seperti tidak ada kamar bagi pasien yang rawat inap di rumah sakit akibat over kapasitas.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan pasien baik di IGD maupun di ruang rawat inap, pihak manajemen rumah sakit telah mengambil langkah alternatif untuk mengfungsikan ruangan di gedung baru.

Meski sebagian ruangan di gedung baru sudah digunakan untuk rawat inap pasien namun hal tersebut belum maksimal lantaran hampir seluruh ruangan mengalami genangan air akibat kebocoran saat terjadi hujan.

Dalam sidak tersebut anggota dewan menemukan sejumlah ember dan baskom di ruang rawat inap pasien dan ruang petugas medis, untuk menampung air hujan akibat terjadinya kebocoran pada atap gedung. Tak hanya itu pansus dewan juga menemukan lift yang menghubungkan gedung dua lantai di gedung baru tersebut juga rusak tidak berfungsi.

“Dari laporan masyarakat ada yang masuk ke rumah sakit yang di opname ternyata kewalahan masalah fasilitas kamar, sebenarnya kamar ada kami lihat tetapi dari direktur pihak Rumah Sakit Cut Nyak Dien Meulaboh belum berani memakai kamar-kamar karena kamar ini banyak kendala. Yang pertama kami lihat tadi di atas bangunan UGD itu ada lantai yang licin kalau kita naik aja kami anggota DPRK ada yang terjatuh satu orang mungkin ini juga akibat gagalnya perencanaan, banyak ruangan-ruangan lain yang mau dipergunakan tetapi bocor padahal bangunan ini baru beberapa tahun sekitar 1 tahun ini ada yang belum digunakan sama sekali tetapi sudah bocor” tutur Ramli SE, Wakil Ketua I DPRK.

Dari hasil sejumlah temuan di Rumah Sakit CND Meulaboh tim pansus akan meminta pertangungjawaban kepada Dinas Kesehatan dalam pembahasan APBK Tahun 2023 yang akan datang.

Selain itu DPRK juga mendesak Pj Bupati Aceh Barat untuk melakukan audit investigasi secara menyeluruh baik terkait pengadaan alat medis serta pembangunan gedung Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments