Aceh Utara – Pujatvaceh.com – Pemerintah Aceh melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah menggelar Focus Group Discussion tentang pemekaran calon daerah otonomi baru (CDOB) kabupaten Aceh Malaka, di salah satu kafe di kawasan Keude Krueng Geukuh, kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (17/11).

Kegiatan ini diikuti oleh Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) calon daerah otonomi baru, perwakilan Pemkab Aceh Utara, anggota DPR Aceh dan DPRK Aceh Utara, Camat, Forum Geuchik serta sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda yang berdomisili di calon kabupaten Aceh Malaka.

Sekretaris Umum Forum Komunikasi Daerah Calon Daerah Otonomi Baru Aceh, Muslim Syamsuddin, mengatakan, saat ini pemerintah dan DPR Aceh sedang menggondok revisi Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA), sehingga pihaknya mendesak agar dalam revisi undang-undang tersebut dimasukkan secara terinci tentang pemerkaran daerah.

Anggota Komisi V DPR Aceh itu menambahkan, dalam diskusi tersebut para peserta sepakat untuk merekomendasi bahwa poin pemekaran dalam revisi UUPA harus dimasukkan, namun para peserta menolak dukungan untuk pemekaran provinsi.

“Hari ini adalah hari pemerintah Aceh yang diadakan untuk menyerap aspirasi menyangkut dengan pemekaran dalam hal ini DPR Aceh bersama tim dan pemerintah sedang menggodok revisi UUPA, dalam hal revisi UUPA kita para pelaku pemekaran di seluruh Aceh yang tergabung di dalam forum koordinasi otonomi daerah baru mendesak supaya dalam revisi UUPA dimasukkan pasal secara terinci tentang pemekaran daerah maka hari ini adalah salah satu agenda yang disusun oleh pemerintah Aceh yang terkhusus biru pemerintah tentang apa saja dalam pasal revisi pemekaran dimasukkan bahan dan bahasan“ kata Muslim Syamsuddin, Sekretaris Umum Forum Komunikasi Daerah Calon Daerah Otonomi Baru Aceh.

Pemekaraan daerah otonomi baru Aceh Malaka telah diupayakan oleh sejumlah pihak sejak beberapa tahun terakhir. Ada enam kecamatan yang akan masuk dalam CBOD yang merupakan pemekaran induk kabupaten Aceh Utara tersebut, yakni kecamatan Sawang, Muara Batu, Banda Baro, Dewantara, Nisam dan Kecamatan Nisam Antara.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments