Lhokseumawe – Pujatvaceh.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe sudah melayani permohonan paspor dengan waktu yang lebih lama yakni 10 tahun. Terhitung sejak Rabu (12/10/22) hingga saat ini, Kantor Imigrasi Lhokseumawe telah melayani hingga 400 lebih pemohon paspor.

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe, Risky menyebutkan, untuk biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) paspor masih sama, yakni 350 ribu rupiah untuk paspor biasa dan 650 ribu untuk elektronik paspor.

Menurutnya, paspor dengan masa berlaku 10 tahun ini tidak berlaku bagi anak yang masih berusia di bawah 17 tahun, karena masa berlaku paspor hanya 5 tahun.

Sementara untuk anak yang berkewarganegaraan ganda, masa berlaku paspor akan disesuaikan dengan jangka waktu hingga anak tersebut diwajibkan untuk menentukan kewarganegaraannya.

“Sejak 12 Oktober 2022 Kantor Imigrasi kelas II TPI Lhokseumawe telah menerima permohonan sebanyak 408 permohonan untuk paspor yang masa berlakunya 10 tahun, dan jika anak bayi atau anak yang berkewarganegaraan ganda hanya berlaku 5 tahun.,” tutur Risky.

Penerapan masa berlaku paspor selama 10 tahun mulai diterapkan pada 12 Oktober 2022 lalu, sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 18 Tahun 2022 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments