BANDA ACEH – PUJATVACEH.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh, keluarkan rilis data kemiskinan, dimana Aceh kembali menduduki peringkat pertama provinsi termiskin di sumatera, dengan persentase angka kemiskinan 15,43 persen.

Angka kemiskinan di Aceh mengalami kenaikan sejak September 2020 lalu. Sementara sebelum pandemi covid-19 melanda, angka kemiskinan di Aceh sempat mengalami penurunan.

Safaruddin Wakil Ketua DPRA mengatakan, menduduki peringkat pertama provinsi termiskin di sumatera bukanlah hal baru.

“Aceh sebagai provinsi termiskin bukanlah hal yang baru juga, kita medapat prestasi yang memprihatinkan,” Kata Safaruddin Wakil Ketua DPRA.

Dirinya melanjutkan, prestasi yang memprihatinkan ini dipengaruhi pandemi covid-19, dimana anggaran dialihkan untuk penanganan covid-19 dibidang kesehatan, dan pelaku usaha yang terdampak covid-19 juga mempengaruhi Provinsi Aceh yang kembali raih prestasi kemiskinan di sumatera.

“Karena pandemi program pemerintah kurang berjalan, kemudian dana direfocusing untuk penanganan covid-19,” Ujarnya.

Namun safaruddin menyayangkan dana refocusing tidak menyentuh dalam penanganan dampak ekonomi sehingga kondisi Aceh tidak bisa keluar dari angka kemiskinan.

“Kita menyayangkan dana refocusing itu kalau kita lihat, tidak menyentuh dalam hal penanganan dampak ekonominya, itu saja menurut saya” Ujar Wakil Ketua DPRA tersebut.

Safaruddin juga menuturkan, tanggung jawab untuk menekan angka kemiskinan ini adalah tanggung jawab Pemerintah Aceh, DPRA, dan stakeholder terkait.

“ Jika ditanya tanggung jawab siapa untuk menekan angka kemiskinan, Ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Aceh, DPRA dan stakeholder, bersama-sama kita genjot,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan anggaran APBA tahun 2021 ini yang telah disepakati, Aceh mampu menekan angka kemiskinan.

“Kita berharap dengan anggaran APBA 2021, dapat kita anggap bahwa Aceh punya kesempatan untuk menekan angka kemiskinan dan kemajuan pendidikan” harap Safaruddin.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments