LHOKSEUMAWE – PUJATVACEH.COM – Simulasi penyuntikan vaksin covid-19 produksi Sinovac yang dilakukan pihak rumah sakit umum cut mutia aceh utara/ dilakukan sebagai upaya memantapkan kesiapan semua pihak yang terlibat dalam proses vaksinasi covid-19/ yang akan dilakukan perdana pada rabu/ 10 februari 2021 mendatang//

Vaksinasi perdana di rumah sakit tersebut akan diperuntukkan bagi para tenaga medis dan sejumlah pejabat daerah di Kabupaten Aceh Utara.

Humas Rumah Sakit Cut Meutia Aceh Utara, Jalaluddin menyebutkan, untuk melakukan vaksinasi ada beberapa tahap yang harus dilakukan, diantaranya yaitu target yang akan menjalani vaksinasi harus diukur suhu tubuh dan mencuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19, sebelum memasuki ruangan vaksinasi.

“Sebelum menjalani vaksin, orang tersebut atau kita sebut target vaksin harus menjalani pengukuran suhu tubun dan menjalani protokol kesehatan sebelum memasuki ruangan vaksinasi,” Ucap Jalaluddin Humas RS Cut Meutia Aceh Utara.

Jalaluddin melanjutkan, setelah memasuki ruangan vaksinasi, target kemudian dialihkan ke meja pendaftaran untuk mengisi aplikasi serta mengisi form persetujuan untuk melakukan vaksinasi. Target kemudian diarahkan ke meja satu untuk mencocokkan identitas diri.

“Setelah target memasuki ruangan vaksinasi, ia dipersilahkan untuk mengisis form persetujuan vaksinasi kemudia diarahkan untuk mencocokkan identitas diri,” Kata Humas RS Cut Meutia kepada Puja TV.

Pada tahap selanjutnya Jalaluddin menambahkan, target diarahkan ke meja lainnya untuk dilakukan screening seperti pengecekan darah dan penyakit komorbit. Setelah dinyatakan lulus screening, target langsung dilakukan vaksinasi di ruangan yaang telah ditentukan.

“Kita akan arahkan target vaksinasi untuk pengecekan screening darah dan penyakit komorbit, kemudia kita arahkan untuk melakukan vaksinasi di ruangan yang telah ditentukan,” imbuhnya.

Menurut jalaluddin, setelah menjalani vaksinasi covid-19 target kemudian harus memasuki ruang observasi selama tiga puluh menit, untuk mengetahui efek samping setelah dilakukan vaksinasi. Target yang telah menjalani observasi dan dinyatakan sehat, kemudian diberikan surat bebas vaksinasi sebagai tanda bahwa target tersebut telah menjalani vaksinasi.

“Setelah vaksinasi, kami arahkan target memasuki ruang observasi selama 30 menit untuk mengetahui efek dari vaksin tersebut. Kemudian kami berikan surat bebas vaksinasi sebagai tanda bahwa target telah menjalani vaksinasi,” Kata Jalaluddin.

Menurut data pihak rumah sakit, ada 1300 tenaga kesehatan yang akan menjalani vaksinasi dirumah sakit tersebut. Namun untuk pejabat daerah di Kabupaten Aceh Utara, pihak rumah sakit masih menunggu data lebih lanjut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments