Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Sejumlah jurnalis di Kabupaten Aceh Barat melakukan aksi solidaritas dan teatrikal bentuk dukungan terhadap salah seorang wartawan di Aceh Tengah yang diduga mendapatkan ancaman pembunuhan oleh oknum pengawas proyek di Kabupaten Aceh Tengah.

Aksi teatrikal para jurnalis ini memperagakan sejumlah adegan kekerasan intimidasi dan ancaman terhadap insan Pers di Aceh yang selama ini kerap dialami saat melakukan liputan di lapangan, aksi tersebut di lakukan di tugu Pahlawan Teuku Umar di Desa Ujong Kalak Aceh Barat.

Selain melakukaan aksi teatrikal para jurnalis juga melakukan aksi diam menutup mulut sebagai bentuk pembungkaman terhadap Pers, mereka juga meletakan kamera dan kartu identitas serta membentangkan sejumlah poster sebagai bentuk protes terhadap kriminalisasi dan ancaman pembunuhan terhadap wartawan media lokal di Aceh Tengah.

Ketua Sekber Jurnalis Aceh Barat, Khaidir Azhar mengatakan, aksi ini sebagai aksi solidaritas mendesak Polda Aceh untuk mengusut pengancaman pembunuhan terhadap saudara Jurnalisa seorang wartawan yang diduga diancam dibunuh pasca tulisannya tentang pembangunan Pasar Aceh Tengah diduga terjadi korupsi.

Peristiwa pengancaman dialami oleh Jurnalisa seorang wartawan di Media Harian Rakyat Aceh di Kabupaten Aceh Tangah ini merupakan bentuk premanisme terhadap pekerja Pers dan intimidasi yang merusak sistem berdemokrasi di Indonesia dan juga melanggar UU Pers. Pihaknya mendesak Kapolda Aceh agar segera ambil alih kasus pengancaman terhadap wartawan tersebut agar dapat usut dengan tuntas.

“Aksi ini adalah aksi solidaritas sesama jurnalis bahwa hari ini ada ancaman pembunuhan terhadap Jurnalisa rekan kami jurnalis di Aceh Tengah oleh karena itu kami melakukan aksi solidaritas dan mendesak kepada Polda Aceh agar serius mengungkap kasus ini siapa pelaku pengancaman terhadap jurnalis karena hal ini melanggar undang-undang pers tahun 1999 kita minta ini serius karena kita harapkan ini terakhir terjadi di Aceh pengancaman terhadap Pers” kata Khaidir Azhar, Ketua Sekber Jurnalis Aceh Barat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments