Cianjur – Pujatvaceh.com – Bunga edelweis ikut terbakar dalam kebakaran yang terjadi di alun-alun Suryakencana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat, Senin (18/9/2023).

Luas kebakaran mencapai 3 hektar, menurut kepala (TNGGP) Sapto Aji Prabowo “Dengan vegetasi yang terbakar adalah rumput, edelweis, dan cantigi yang berada di lokasi yang mengarah ke Gunung Gumuruh,” ujar Sapto melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/8/2023).

Di ketahui, bunga edelweis atau biasa di sebut “bunga abadi” dapat kita jumpa di lereng gunung dan savana Suryakencana. Tumbuhan langka ini hanya tumbuh dihabitat yang terbatas.

Bunga Edelweis merupakan bunga yang dilindungi sehingga siapa saja yang merusak atau memetik bunga ini akan  dijatuhi tindak pidana, yangdi kenakan sanksi atau denda.

Diberitakan, Lokasi kebakaran berada di kawasan alun-alun Suryakencana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat, terbakar, Senin (19/6/20203) siang.

Pada saat di cek rekaman CCTV kebakaran terjadi pada jam 12:39, yang hanya kepulan asap. Kemudian, butuh waktu empat jam untuk petugas berhasil memadamkan api sehingga tidak meluas ke area hutan.

Sumber : kompas.com

Foto : Dok. Balai Besar TNGGP

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments