27.8 C
Banda Aceh
Kamis, 18 Juli, 2024

Kembali Ukir Prestasi Prodi Migas dan TRKI PNL Raih Akreditasi Unggul

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme

Kembali Ukir Prestasi Prodi Migas dan TRKI PNL Raih Akreditasi Unggul

Lhokseumawe –  Pujatvaceh.com: Civitas akademika Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) patut berbangga, dua program studi (prodi) di lingkungan PNL dikabarkan meraih Akreditasi Unggul. Akreditasi Unggul ini merupakan akreditasi dengan peringkat tertinggi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan Badan Tetap Akreditasi Program Keteknikan Persatuan Insinyur Indonesia.

 

Adapun dua prodi yang meraih Akreditasi Unggul seperti yang disampaikan Direktur PNL Ir. Rizal Syahyadi, ST., M.Eng. Sc., IPM., ASEAN. Eng Senin, (21/08/2023) adalah Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) pada Program Sarjana Terapan berdasarkan LAM Teknik No. 0221/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2023, yang ditetapkan di Jakarta mulai berlaku pada 21 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2028.

Sedangkan satu lagi yang meraih Akreditasi Unggul adalah Program Studi Teknologi Pengolahan Minyak dan Gas (Prodi TPMG) pada Program Diploma Tiga. Hal ini berdasarkan LAM Teknik No. 0220/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2023, yang ditetapkan di Jakarta mulai berlaku pada 21 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2028.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses kepada kedua prodi di Jurusan Teknik Kimia yang telah meraih prestasi Akreditasi Unggul, tentu ini luar biasa dan menjadi harapan kita semua civitas akademika PNL,” kata Rizal Syahyadi.

 

Selanjutnya, Direktur PNL ini juga menyampaikan, ada dua prodi lagi yang SK Akreditasinya sudah terbit, dan meraih peringkat Akreditasi Baik Sekali, yakni Program Studi Teknologi Industri, pada Diploma Tiga Jurusan Teknik Mesin, hal ini berdasarkan LAM Teknik No. 0219/SK/LAM Teknik/VST/VIII/2023, yang ditetapkan di Jakarta mulai berlaku pada 21 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2028.

 

Satu lagi prodi di PNL yang memperoleh peringkat Akreditasi Baik Sekali adalah Prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) pada Program Sarjana Terapan Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Hal ini berdasarkan keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (Lam Infokom), dengan No. 079/SK/LAM-INFOKOM/Ak/STr/VIII/2022 yang ditandatangani di Jakarta pada 17 Agustus 2023, dan berlaku sejak 17 Agustus 2023 sampai dengan 17 Agustus 2028.

 

“Saya ucapkan selamat kepada dua prodi yang yang meraih peringkat Akreditasi Baik Sekali,” kata Direktur PNL.

 

“Khususnya kepada semua tim akreditasi prodi, dan juga ketua jurusan, dan semua pihak yang terlibat dalam proses akreditasi, saya ucapkan terimakasih atas kerja kerasnya dan kerja samanya, sehingga kita bisa memperoleh Peringkat Akreditasi Unggul dan Peringkat Akreditasi Baik Sekali,” lanjut pria yang biasa disapa Didi ini.

 

Sekedar informasi yang dikutip media ini dari berbagai sumber, bahwa akreditasi merupakan salah satu bentu penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi.

 

Dikutip dari Peraturan BAN-PT No. 1 Tahun 2022, akreditasi kampus menggunakan nilai A, B, dan C sebelum 1 Oktober 2018 untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dan sebelum 1 April 2019 untuk Akreditasi Program Studi (APS), dengan menggunakan penilaian tujuh standar.

 

Tapi setelah instrumen akreditasi berubah menjadi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (IAPT 3.0), maka nilai akreditasi pun berganti menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik. []

Via*

Pemko Ingatkan KIP Lhokseumawe Jangan Terjerat Hukum Karena Uang Pilkada 22 Milyar

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Pemerintah Kota Lhokseumawe mengingatkan Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe agar berhati-hati dalam menggunakan anggaran 22 milyar yang telah dikucurkan untuk...

PT PAG Bantu Korban Kebakaran Di Gampong Padang Sakti Kota Lhokseumawe

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Pj Wali Kota Lhokseumawe Abdul Hanan berserta PT PAG Lhokseumawe yang diwakili oleh Manajer Corporate Communication & CSR Iskandarsyah memberikan...

Pj Wali Kota Lhokseumawe Apresiasi Rumah Gizi Gampong PT PAG

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - PT Pertamina Arun Gas (PAG) bersama Pemerintah Kota Lhokseumawe meresmikan Rumoh Gizi Gampong (RGG) di desa Padang Sakti, Kecamatan Muara...

Tiba Kembali Di Serambi Mekkah, Jamaah Haji Kloter 2 Sujud Syukur

Banda Aceh – Pujatvaceh.com - Rasa haru dan bahagia terpancar dari raut wajah jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 asal Kota...

POPULERnew
Berita terpopuler