Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Ratusan warga tampak memadati di halaman markas Kodim 0105 Aceh Barat, para pedagang kaki lima, warung dan nelayan atau BTP-KLWN ini, mengantri dengan tertib untuk mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah yang disalurkan oleh TNI. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat, diharapkan dapat membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19, agar lebih produktif dan mandiri.

Program bantuan tunai yang berasal dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia tersebut, diperuntukkan bagi pelaku usaha, pedagang kaki lima, warung dan nelayan, yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Untuk kabupaten Aceh Barat ditargetkan sebanyak 10 ribu warga akan mendapatkan bantuan tunai sebesar 600 ribu rupiah. Sesuai spesifikasi yang telah didata oleh Babinsa di setiap kecamatan.

Salah seorang penerima bantuan, Jamaluddin mengatakan, dengan adanya bantuan uang tunai tersebut, dirinya merasa sangat senang dan terbantu, ia berharap agar kedepannya ada lagi bantuan-bantuan seperti ini yang dapat meringankan beban warga terutama ditengah pandemi Covid-19.

“Karena ditengah kesempitan ekonomi saat ini dimasa pandemi apalagi di bulan puasa sangat sulit“ kata Jamaluddin, Nelayan.

Sementara itu, Komandan Kodim atau Dandim 0105 Aceh Barat, Letkon Inf Dimar Bahtera, mengatakan, tahun ini kabupaten Aceh Barat mendapatkan kuota bantuan BTP-KLWN dari pemerintah melalui kementerian keuangan, sebanyak 10 ribu orang. Dengan adanya bantuan tunai ini, diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian warga ditingkat bawah, terutama bagi yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini adalah bantuan keuangan dari Kementerian Keuangan yang intinya dari keuangan negara yang saat ini disalurkan melalui institusi TNI-Polri. Tujuannya difokuskan kepada bantuan tunai kepada pedagang kaki lima, warung-warung kecil, dan nelayan yang belum menerima bantuan di tahun kemarin“ ujar Letkol Inf Dimar Bahtera, Dandim 0105 Aceh Barat.

Penyaluran bantuan kepada pelaku usaha, pedagang kaki lima, warung dan nelayan tersebut, ditargetkan akan selesai pada akhir bulan april mendatang. Selain dipusatkan di Makodim, penyaluran bantuan tunai juga dilaksanakan di lima lokasi yakni, Koramil Woyla, Sungai Mas, Pante Ceureumen, Panton Reu, dan Koramil Arongan Lambalek.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments