Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2022 yang berlangsung selama dua hari di Banda Aceh dan diikuti oleh pelajar dari 23 kabupaten/kota di Aceh berakhir.

Dalam seleksi tersebut pelajar perwakilan dari Kota Langsa yang diutus menyabet juara satu, pada kategori putra dan putri. Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Bambang Bachtiar yang menutup langsung kegiatan itu, serta membagikan hadiah kepada pemenang mengatakan, kegiatan seleksi duta pelajar sadar hukum ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat memperkuat karakter pelajar yang berkualitas.

Bambang juga menjelaskan, kegiatan serupa selain di Aceh juga telah dilaksanakan di Kalimantan Timur.

“Program ini tentunya dalam rangka mencegah diri atau pencegahan, sekarang ini lebih baik mencegah daripada penindakan sehingga dengan duta duta pelajar ini nanti di mana ada program-program oleh kejaksaan tentang penerangan hukum dan akan kita libatkan kepada teman-temannya di sekolah masing-masing di mana para juara ini berada” kata Bambang Bachtiar, Kajati Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, yang merupakan partner kerja dalam pencarian duta pelajar sadar hukum ini, mengatakan ini merupakan hasil kolaborasi antara Kejati Aceh dan Disdik Aceh.

“Hukum ini penting, kalau hukum ini tidak tegak negara runtuh tetapi dengan adanya hukum mungkin tegak negara ini oleh karena itu sepakat seperti yang kita usulkan di pidato kami kalau bisa saya mohon kepada Pak Kajati tahun depan kita jangan indor saja tetapi outdoor entah di kabupaten mana nanti kita diskusi yang bertujuan multi efek tadi masyarakat juga mendapat keuntungan kita juga sebagai aparatur pemerintah baik dari legislatif, eksekutif dan yudikatif itu berjalan dengan baik” ujar Alhudri, Kadisdik Aceh.

Seleksi duta pelajar sadar hukum memiliki nilai strategis dalam rangka mendukung mutu dan kualitas pendidikan Aceh. Pelajar perwakilan dari Kota Langsa yang keluar sebagai juara pertama pun menyampaikan bahwa perjuangan mereka tidak sia sia.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan tentunya dengan pencapaian ini bukan sekedar pencapaian juga tanggung jawab besar di mana kami sudah menjadi duta pelajar sadar hukum provinsi Aceh dan juga seharusnya kami melakukan tanggung jawab kami untuk terus melakukan kegiatan penyadaran sadar hukum kepada masyarakat terutama di kalangan pelajar” tutur Nur Syafiqa, Juara 1 Dari Kota Langsa.

Selain Kota Langsa yang keluar sebagai juara satu putra putri, juara dua oleh pelajar putra putri Aceh Barat, sedangkan juara tiga diraih oleh pelajar putra putri dari Kabupaten Nagan Raya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments