Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Guna mengatasi bertambahnya  tingkat pengangguran di Aceh Besar, Pemkab Aceh Besar melalui dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten setempat mengadakan pelatihan kejuruan pengelasan dan pelatihan menjahit dasar.

Pemerintah Aceh Besar akan sangat serius dalam menangani bertambahnya persentase tingkat pengangguran di Aceh Besar. Hal itu diungkapkan Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, saat membuka pelatihan kejuruan mengelas dan menjahit di Kota Jantho pada Jumat 9 September 2022.

Menurut Iswanto, berdasarkan data Aceh Besar dalam tahun 2022, jumlah angkatan kerja di Kabupaten Aceh Besar tahun 2021 sebanyak 187.623. Dari jumlah angkatan kerja tersebut, sebanyak 92,38% berstatus bekerja, sedangkan 7,62% merupakan pengangguran terbuka. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat banyak angkatan kerja yang tidak terserap lapangan kerja.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, tenaga kerja yang telah memiliki keahlian dapat bekerja secara mandiri, bahkan  menciptakan lapangan kerja, sehingga angka pengangguran di Aceh Besar bisa berkurang.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto juga berpesan kepada peserta pelatihan agar bisa mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan penuh keseriusan. Sehingga ilmu yang diperoleh pada pelatihan ini menjadi bekal dalam bekerja, bahkan dapat menciptakan lapangan kerja.

Iswanto menambahkan, kegiatan yang memiliki daya saing bagi peningkatan kualitas SDM ini merupakan satu langkah maju dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin sikap, serta etos kerja.

Selain itu diharapkan, kedepannya mereka yang sudah memiliki kemampuan di bidang tersebut, mampu membantu menyediakan tenaga kerja yang siap kerja dan berkualitas.

 “Dengan adanya kegiatan ini, tenaga kerja yang telah memiliki keahlian dapat bekerja secara mandiri, bahkan  menciptakan lapangan kerja, sehingga angka pengangguran di Aceh Besar bisa berkurang. Kepada peserta pelatihan agar bisa mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan penuh keseriusan. Sehingga ilmu yang diperoleh pada pelatihan ini menjadi bekal dalam bekerja, bahkan dapat menciptakan lapangan kerja. Kegiatan yang memiliki daya saing bagi peningkatan kualitas SDM ini merupakan satu langkah maju dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin sikap, serta etos kerja.” Ujar Muhammad Iswanto, Pj Bupati Aceh Besar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments